... tidak ada penjualan tiket di stadion
Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta menyiapkan 850 personel gabungan untuk mengamankan turnamen sepak bola Piala Presiden 2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 11 hingga 27 Juni 2022.

"Ada empat stadion yang akan digunakan turnamen Piala Presiden, salah satunya Stadion Manahan Solo untuk babak penyisihan Grup A," kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Polisi Ade Safri Simanjuntak di Solo, Kamis.

Kapolres mengatakan di Stadion Manahan akan digelar 10 pertandingan pada babak penyisihan Grup A yang diikuti lima tim, yakni Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

"Pertandingan babak penyisihan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo dimulai Sabtu (11/6), antara Persis Solo melawan PSS Sleman," kata Kapolres.

Kapolres mengatakan 850 personel gabungan itu dari unsur Polri, TNI, dan Pemkot Surakarta. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksana pertandingan dan koordinator suporter kesebelasan yang akan bertanding di Stadion Manahan.

Baca juga: PSIS Semarang lepas kiper Jandia Eka Putra

Baca juga: PSSI usulkan turnamen pramusim 2022 dinamai Piala Presiden


Pengerahan personel sebanyak itu untuk menjaga selama gelaran berlangsung, agar situasi kamtibmas dan kelancaran lalu lintas di Kota Surakarta tetap kondusif.

"Kami akan menempatkan personel di ring pertama, ada empat pintu masuk kawasan Stadion Manahan. Lapis kedua juga ada empat pintu lagi dan ring ketiga ada 12 pintu yang mengakses ke masing-masing tribun stadion," kata Kapolres.

Mengenai antisipasi penempatan suporter tim tamu dan tuan rumah, kata Kapolres, pihaknya sudah berkoordinasi panpel untuk mencegah sekecil mungkin potensi gangguan selama turnamen berlangsung.

Setiap pintu akan ditempatkan petugas gabungan untuk memeriksa barang bawaan penonton. Minuman beralkohol tidak bolah dibawa masuk stadion. Pihaknya juga menempatkan personel di setiap titik di tribun penonton untuk mengantisipasi gangguan jalannya pertandingan.

Kapolres mengatakan kapasitas Stadion Manahan sebanyak 20.000 penonton. Hasil koordinasi dengan panpel, pertandingan akan ditonton maksimal 75 persen dari kapasitas atau sekitar 15.000 tiket yang dijual pada laga pertama secara online kepada koordinator suporter masing-masing.

"Kami sudah menyampaikan kepada panpel agar tidak ada penjualan tiket di stadion. Semua penonton yang datang masuk Stadion Manahan sudah mendapatkan tiket. Penonton juga dicek aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk stadion karena harus dilengkapi vaksin primer dosis satu dan dua," kata Kapolres. 


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022