Damaskus (ANTARA) - Suriah menghentikan penerbangan ke dan dari Bandara Internasional Damaskus pada Jumat, kata kementerian transportasi, beberapa jam setelah serangan udara Israel menghantam wilayah selatan ibu kota itu.

Seorang pejabat militer Suriah yang dikutip oleh kantor berita negara mengatakan pertahanan udara Suriah mencegat rudal Israel, menjatuhkan sebagian besar dari rudal-rudal itu, tapi serangan pagi itu menyebabkan satu warga sipil cedera dan beberapa kerusakan material.

Cham Wings Airline, maskapai swasta Suriah, mengatakan pihaknya mengalihkan semua penerbangannya ke Bandara Internasional Aleppo.

Pernyataan kementerian transportasi itu tidak merujuk pada serangan Israel tapi mengutip alasan teknis penutupan bandara.

Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan pada Jumat bahwa pemboman Israel telah merusak landasan pacu setelah menargetkan "gudang
milisi Iran" di dekat bandara.

Selama beberapa tahun, Israel telah menyerang apa yang digambarkan sebagai target terkait Iran di Suriah, dimana pasukan yang didukung Teheran, termasuk Hizbullah Lebanon, telah dikerahkan untuk membantu Presiden Bashar al-Assad.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022