Jakarta (ANTARA News) - Lima sektor prioritas diharapkan dapat menyerap hingga 2,7 juta orang tenaga kerja untuk mencapai target fasilitasi penempatan dan peluasan kesempatan kerja pada tahun 2012 ini.

Kelima sektor prioritas dimaksud meliputi sektor pertanian, industri, konstruksi, perdagangan, dan jasa, yang diperkirakan menyerap banyak tenaga kerja, kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Target itu akan dicapai Kemnakertrans dengan memfokuskan program kinerja kepada sektor-sektor pemberdayaan masyarakat di antaranya kegiatan padat karya infrastruktur dan produktif, pemberdayaan masyarakat mandiri, teknologi tepat guna, kewirausahaan pendayagunaan tenaga kerja pemuda mandiri profesional dan pendampingan serta subsidi program pelatihan keterampilan.

"Penciptaan pekerjaan langsung maupun proyek industrialisasi dan penguatan investasi menjadi alternatif utama dalam penempatan dan perluasan kesempatan kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia," kata Muhaimin.

Menakertrans mengatakan agar pelaksanaan program penempatan dan perluasan kesempatan kerja bisa berjalan baik dan berhasil, dibutuhkan komitmen lintas kementerian dan pemda dalam mendukung kebijakan di bidang ketenagakerjaan.

Sementara itu, untuk penyerapan tenaga kerja di 33 propinsi dan 360 Kabupaten/Kota, Kemnakertrans mengalokasikan dana Dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang tersedia di Ditjen Binapenta melalui program penempatan dan perluasan kesempatan kerja sebesar Rp387, 23 miliar dengan perincian Rp88,24 miliar untuk dana Dekonsentrasi dan Rp298,98 miliar untuk dana pembantuan.

"Penyerahan dana dana Dekonsentrasi dan tugas pembantuan ini merupakan bentuk kesungguhan dalam melimpahkan pelaksanaan program kerja kepada pemerintah daerah untuk dikelola secara akuntabel, berorientasi pada hasil dan profesional," kata Muhaimin.

Selain itu, Menakertrans juga mengatakan bahwa untuk mendukunq perluasan dan penempatan tenaga kerja, tersedianya data dan informasi yang terkait dengan dinamika pasar kerja dan potensi sumber daya alam yang ada di daerah juga mutlak dibutuhkan.

(A043)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012