Singapura (ANTARA) - Dialog Shangri-La ke-19, yang diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies (IISS), resmi dibuka pada Jumat (10/6) malam di Singapura setelah dua tahun ditunda akibat pandemi COVID-19.

Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Pertahanan Nasional China Wei Fenghe memimpin delegasi China dalam dialog tersebut.

Sejumlah topik penting dalam agenda dialog tersebut antara lain adalah visi China tentang tatanan regional, kontrol persaingan geopolitik, serta keamanan maritim dan iklim.

Rencananya Wei akan menyampaikan pidato dalam sesi pleno pada Minggu (12/6).

Dia akan memperkenalkan sejumlah kebijakan, prinsip, dan tindakan China dalam menjaga multilateralisme sejati, perdamaian, dan stabilitas regional, serta membangun masa depan bersama bagi umat manusia.

Di sela-sela dialog tersebut, Wei akan bertemu dengan kepala delegasi-delegasi lainnya untuk membahas situasi internasional dan regional, serta kerja sama bilateral di bidang pertahanan dan keamanan.

Sejak diluncurkan pada 2002 oleh wadah pemikir Inggris IISS dengan dukungan pemerintah Singapura, Dialog Shangri-La, yang secara resmi dikenal sebagai KTT Keamanan Asia, digelar setiap tahun kecuali pada 2020 dan 2021.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022