Penyebab tidak tercapainya target tersebut bisa bermacam-macam, seperti penetapan target yang terlalu besar dan karena persaingan dengan kalangan perbankan yang juga menawarkan layanan gadai.
Semarang (ANTARA News) - Realisasi penyaluran kredit untuk produk layanan gadai Perum Pegadaian Kantor Wilayah XII Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sepanjang 2011 lalu hanya tercapai sebesar 91 persen.

"Kami akui realisasi penyaluran produk kredit cepat aman (KCA) atau biasa disebut layanan gadai hanya 91 persen," kata Kepala Humas Perum Pegadaian Kanwil XII Jateng-DIY Ambardhi, di Semarang, Rabu.

Ia menyebutkan, realisasi penyaluran KCA dari seluruh outlet Pegadaian yang tersebar di Jateng dan DIY sepanjang 2011 lalu mencapai Rp7,08 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp7,6 triliun.

Penyebab tidak tercapainya target tersebut, kata dia, bisa bermacam-macam, seperti penetapan target yang terlalu besar dan karena persaingan dengan kalangan perbankan yang juga menawarkan layanan gadai.

Meski demikian, Ambardhi menjelaskan realisasi penyaluran KCA sepanjang 2011 sebesar Rp7,08 triliun tetap mengalami kenaikan sekitar Rp300 miliar dibandingkan penyaluran kredit 2010 sebesar Rp6,7 triliun.

"Untuk 2010, dari target penyaluran KCA yang ditetapkan sebesar Rp6,5 triliun tercapai Rp6,7 triliun. Untuk tahun ini memang tidak tercapai, karena itu akan kami evaluasi penyebabnya," katanya.

Selain itu, ia mengakui tidak tercapainya target itu kemungkinan disebabkan kurang optimalnya pelayanan di outlet-outlet baru, sebab sepanjang 2011 setidaknya ada 50 outlet cabang yang baru beroperasi.

Menurut dia, produk KCA selama ini memang menyumbang kontribusi paling besar, yakni sebesar 90 persen dari seluruh produk layanan yang ditawarkan Pegadaian, di samping layanan gadai syariah.

Terkait jumlah outlet Pegadaian, Ambardhi menyebutkan untuk wilayah Jateng-DIY sekitar 500 outlet, terdiri atas 82 kantor cabang konvensional, 11 cabang syariah, 38 unit syariah, dan sisanya unit konvensional.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Perum Pegadaian Poncol Semarang Setyo Prabowo menyebutkan realisasi penyaluran KCA tahunan periode 2011 lalu untuk cabang itu tercapai 90 persen, yakni sebesar Rp71,091 miliar.

"Memang tercapai 90 persen, namun jika dibandingkan periode 2010 sebenarnya mengalami kenaikan cukup signifikan, sebab pada periode 2010 lalu penyaluran KCA hanya mencapai Rp63,65 miliar," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012