Ia adalah pemain fantastis, dan ia telah mengalami begitu banyak cedera pada beberapa tahun terakhir, dan senang melihatnya kembali.
Melbourne (ANTARA News/AFP) - Petenis peringkat dua dunia, Rafael Nadal, menundukkan petenis Jerman, Tommy Haas, dengan kemenangan tiga set langsung untuk mencapai putaran ketiga Australia Terbuka pada Rabu.

Nadal, yang sudah sepuluh kali menjuarai grand slam, menang 6-4, 6-3, 6-4, pada pertandingan yang berlangsung selama dua jam 29 menit, untuk mencapai babak 32 besar pada turnamen yang terakhir kali ia menangi pada 2009.

Petenis kidal Spanyol ini akan menghadapi petenis Amerika Serikat, Donald Young, atau Lukas Lacko dari Slovakia, di putaran ketiga.

Haas, yang telah bermain pada tiga semifinal di Melbourne, memberi nostalgia pada kejayaannya di masa lalu dengan melakukan pukulan-pukulan bagus, terutama pada pukulan backhand satu tangan yang menjadi ciri khasnya.

"Ia adalah pemain fantastis, dan ia telah mengalami begitu banyak cedera pada beberapa tahun terakhir, dan senang melihatnya kembali," kata Nadal.

Nadal, yang kembali bermain dengan mengenakan perban pada lutut kanannya setelah mendapat cedera pada pra-turnamen, mangatakan bahwa dirinya senang dengan kemajuan pemulihan pada lututnya.

"Ini sudah lebih baik, dan saya gembira dengan bagaimana lutut ini berkembang, dan hari ini saya bermain tanpa masalah apa pun," ucapnya.

Haas, yang sempat menduduki peringkat dua dunia pada 2002 sebelum serangkaian cedera membuat peringkatnya melorot sampai peringkat 190, mendapati dua service gamenya dipatahkan oleh Nadal.

Unggulan kedua ini memimpin 5-2 sebelum Haas memberi perlawanan, dengan mematahkan servicenya melalui pukulan backhand mengambang, sehingga bola melaju ke sudut lapangan.

Namun Nadal menyudahi set pertama pada menit ke-54. Ia menahan service Haas, untuk meraih angka dari permainan net.

Ia kembali mematahkan service Haas pada game pembuka di set kedua, untuk mengendalikan permainan, dan menguncinya dengan service break kedua pada game kesembilan untuk memimpin 2-0.

Haas melancarkan service bagus pada game pembuka di set terakhir, namun Nadal mampu mengembalikan bola. Ia mengalahkan Haas pada game keenam dan kesepuluh untuk memastikan kemenangannya.

Haas (33) adalah petenis pria tertua pada Australia Terbuka tahun ini.

(H-RF/A020)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012