Sungailiat, Bangka (ANTARA) -


Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 222 remaja di daerah itu sudah mendapatkan vaksin dosis penguat atau booster.

"Tercatat capaian layanan vaksin penguat pada kelompok remaja di Kabupaten Bangka yang tersebar di delapan kecamatan sebanyak 222 orang atau 0,65 persen dari target sasaran sebanyak 34.226 orang," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 untuk anak di Bangka capai 95,16 persen

Sedangkan vaksin dosis pertama usia kelompok remaja terdata 30.965 orang atau 95,26 persen dari sasaran yang sama pada vaksin penguat serta dosis kedua sebanyak 25.627 orang atau 78,84 persen.

Menurut dia, angka kumulatif capaian vaksin penguat semua kelompok usia wajib vaksin, kecuali kelompok anak enam sampai 11 tahun, sebesar 17,78 persen atau 45.374 orang dari total sasaran 255.161 orang.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bangka catat 17.701 lansia sudah divaksinasi

"Untuk mencapai angka maksimal layanan vaksin booster, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri setiap hari membuka gerai layanan vaksinasi masyarakat bahkan dibuka gerai malam pada Sabtu," kata dia.

Boy Yandra mengimbau warga yang belum memperoleh layanan vaksin penguat hendaknya segera mendaftar di gerai layanan vaksin terdekat di masing-masing wilayah kecamatan.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan tetap harus dijaga meskipun pemerintah sudah memberikan kelonggaran penggunaan masker di area terbuka.

Baca juga: Polres Bangka Barat bantu percepat vaksinasi COVID-19

"Memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dibutuhkan tidak hanya untuk mencegah infeksi virus corona, tetapi juga bermanfaat untuk mencegah sebaran virus yang lain," katanya.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022