tidak hanya untuk mencegah terjadinya kecelakaan sungai saja
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Jawa Barat dibantu puluhan relawan sejumlah komunitas memasang rambu-rambu keselamatan di sejumlah titik aliran sungai yang rawan terjadi kecelakaan maupun bencana banjir pada Minggu, (12/6).

"Kegiatan ini merupakan persiapan pencanangan Program Sukabumi Bersih, Amankan, Selamatkan dan Bebaskan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani di Sukabumi, Minggu.

Menurut Imran pemasangan rambu keselamatan ini tidak hanya untuk mencegah terjadinya kecelakaan sungai saja, tetapi antisipasi bencana banjir. Apalagi seperti diketahui belum lama ini telah terjadi kecelakaan sungai yang menewaskan seorang pelajar serta bencana banjir akibat meluapnya sungai.

Rambu yang terpasang tersebut seperti bertuliskan dilarang berenang dan membuang sampah di sungai. Adapun bentuk program tersebut berbasis masyarakat dengan slogan pribumi penjaga aliran. Sebab keterlibatan warga dalam menjaga sungai sangat penting mulai dari kebersihan maupun keselamatan pengunjung.

Apalagi banyak kasus bencana banjir yang terjadi diakibatkan meluapnya volume air sungai dampak dari tersendatnya aliran sungai oleh sampah yang menumpuk. Kemudian pemasangan rambu ini pun agar siapapun peduli dan sadar menjaga sungai serta tidak beraktivitas di aliran sungai yang rawan terjadi kecelakaan.

"Tidak hanya pemerintah maupun relawan saja yang menjaga keamanan aliran sungai, tetapi yang menjadi garda terdepan adalah masyarakat untuk menjaga sungai agar tetap bersih, aman dan nyaman sehingga bisa terhindar dari berbagai musibah," tambahnya.

Imran mengatakan program ini merupakan multihelix melibatkan sejumlah unsur forum pengurangan risiko bencana yang terdiri dari kolaborasi 67 komunitas, relawan, akademisi, pemerintahan dan lembaga usaha.
Baca juga: Puluhan perahu nelayan rusak dan hilang diterjang gelombang tinggi
Baca juga: PMK sudah masuk Sukabumi peternak diimbau waspada
Baca juga: UMMI terpilih jadi pembicara FGD PKM perguruan tinggi se-Jabar Banten

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022