dapat memberi gambaran kepada pemuda di Papua Barat bahwa apa itu Y20 dan apa dampak positifnya terhadap masyarakat
Manokwari (ANTARA) - Organisasi masyarakat Setya Kita Pancasila (SKP) wilayah Papua Barat siap mengampanyekan tujuan pelaksanaan Youth Twenty (Y-20) bagi kalangan muda di Kabupaten Manokwari Papua Barat.
 
Fernando Karetji Yarangga Ketua wilayah SKP Provinsi Papua Barat mengatakan kampanye Y-20 akan digelar selama tiga hari menjelang puncak pembukaan pada 17 Juni mendatang.
 
"Rencana aksi ini merupakan inisiatif SKP untuk mempromosikan Y-20 kepada seluruh pemuda Papua Barat tanpa terkecuali," kata Fernando, Minggu malam di Manokwari.
 
Ia mengatakan, pemuda Papua Barat harus mengetahui bahwa Y-20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari negara anggota G20 untuk saling berdialog, meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.
 
"Paling tidak, apa yang akan kita gelar tiga hari sebelum pelaksanaan Y20, dapat memberi gambaran kepada pemuda di Papua Barat bahwa apa itu Y20 dan apa dampak positifnya terhadap masyarakat," kata Yarangga.
 
Ia menuturkan, bahwa tiga hari kampanye Y-20 itu akan digelar dalam bentuk panggung terbuka diisi penampilan komunitas musik, seni, tari, dan orasi-orasi dari sejumlah ormas mitra SKP di Kabupaten Manokwari.
 
"Harapan kami, Y-20 bukan sekadar euforia semata, namun dapat diketahui oleh seluruh pemuda Papua Barat dan yakin bahwa Y-20 itu bermanfaat," kata Fernando. 
Baca juga: Polda Papua Barat jamin keamanan selama W20 dan Y20 di Manokwari
Baca juga: Polda Papua Barat tingkatkan pengamanan jelang W20 dan Y20
Baca juga: Pemprov Papua Barat dukung penyelenggaraan pra-KTT 4 Y20

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022