Samsinah dinyatakan meninggal dunia di pesawat pada Senin sekitar pukul 00.30 WIB dalam penerbangan sebelum transit di Bandara Medan, Sumatera Utara.
Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya satu orang calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin dalam penerbangan ke Arab Saudi.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun, saya atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan masyarakat menyampaikan belasungkawa atas wafatnya calon jemaah haji asal Kabupaten Balangan atas nama Samsinah, semoga dosanya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah SWT," ujarnya dalam rilis yang disampaikan Humas Pemprov Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Samsinah binti Usman Hasbulah (50) merupakan anggota jamaah keberangkatan Kloter 1 Kalsel yang dilepas Gubernur Sahbirin Noor pada Minggu malam sekitar pukul 23.40 WITA di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Samsinah dinyatakan meninggal dunia di pesawat pada Senin sekitar pukul 00.30 WIB dalam penerbangan sebelum transit di Bandara Medan, Sumatera Utara.

Saat pelepasan Gubernur Kalsel menyampaikan harapannya semuanya jamaah sehat dan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar hingga pulang dengan selamat ke tanah air dan menjadi haji mabrur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin mengatakan bahwa calon haji yang wafat dalam perjalanan ke Tanah Suci itu sudah menjadi bernilai haji.

"Semoga beliau mendapat nilai pahala berhaji," ujarnya.

Kakanwil Kemenag Kalsel menyampaikan terimakasih pada pihak Garuda dan Angkasa Pura yang akan memulangkan jenazah calon haji ke daerah asal.

Pada keberangkatan Kloter 1 Kalsel dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Banjar dan Tanah Bumbu ini juga dilaporkan ada tiga calon haji yang ditunda keberangkatannya karena sakit.

"Insya Allah kalau ada rekomendasi terbaru dari dokter boleh berangkat pada 21 Juni 2022 di Kloter terakhir bisa diberangkatkan," ujar Tambrin.

Hingga total jamaah calon haji Kloter pertama Kalsel yang berangkat sebanyak 357 orang beserta petugas haji, mereka tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz atau Bandar Udara Madinah, Arab Saudi sekitar pukul 03.10 WAS (waktu arab saudi).
Baca juga: Satu calon haji kloter 01 Kalsel wafat dalam penerbangan ke Madinah
Baca juga: Calon haji Embarkasi Padang meninggal setelah shalat di Masjid Nabawi
Baca juga: Seorang calon haji Embarkasi Jakarta meninggal di Madinah

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022