Jamaah haji pertama yang wafat di Madinah dari Kalimantan Tengah
Banjarmasin (ANTARA) -
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) menginformasikan sebanyak dua orang jamaah haji asal provinsi setempat wafat di Mina, Arab Saudi, pada musim haji tahun 2023 atau 1444 Hijriah ini.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Sabtu, dua jamaah haji yang wafat tersebut tergabung di Kloter 14 yang diberangkatkan pada 16 Juni 2023.
 
Yang terbaru wafat, kata dia, adalah jamaah haji tertua Kalsel bernama Yusuf Tagap Amrullah bin Tagap berusia 98 tahun dari Kabupaten Kotabaru. Almarhum wafat di Mina pada Jumat 30 Juni 2023 atau bertepatan 12 Zulhijah 1444 Hijriah pada pukul 06.25 Waktu Arab Saudi (WAS).
 
Sedangkan jamaah haji wafat yang kedua bernama Siti Fatimah berusia 61 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Almarhumah wafat di Mina pada Rabu 28 Juni 2023 atau 10 Zulhijah 1444 Hijriah.

Baca juga: PPHI: Jumlah jamaah wafat saat puncak haji bertambah, capai 50 orang
 
"Atas nama keluarga besar Kanwil Kemenag Kalsel dan juga PPIH Embarkasi/ Debarkasi Banjarmasin kami menyampaikan belasungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Yusuf Tagap dan Ibu Siti Fatimah. Kita doakan bersama semoga almarhum-almarhumah senantiasa mendapat curahan rahmat dan magfirah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah melepas kepergiannya. Aamiin," ujar Tambrin.
 
Dengan demikian, lanjut dia, dari Embarkasi Banjarmasin yang melayani keberangkatan jamaah haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah ada tiga orang yang wafat.
 
"Jamaah haji pertama yang wafat di Madinah dari Kalimantan Tengah," kata Tambrin.
 
Embarkasi Banjarmasin Kalsel memberangkatkan sebanyak 5.708 orang peserta haji pada 18 Kloter tahun 2023.

Baca juga: Seluruh jamaah haji Kalsel dinyatakan lancar jalani ibadah Armuzna
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023