Jakarta (ANTARA) -
Ketua Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu Partai NasDem, Prananda Surya Paloh, mengatakan, partai politik itu ingin berkoalisi dengan partai manapun, asalkan memiliki visi dan misi yang sama.

"Pada prinsipnya sederhana saja, NasDem ingin berkoalisi dengan siapapun itu partai manapun itu yang penting mempunyai visi misi sama yaitu melanjutkan restorasi Indonesia melanjutkan pembangunan yang selama ini sudah dilakukan Presiden Jokowi," kata dia, saat jumpa pers, di Menara NasDem, Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, partai politik yang berkoalisi dengan Partai NasDem, harus mempunyai semangat Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika, walau Partai NasDem tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai non-nasionalis.

Baca juga: Rakernas Partai NasDem akan hasilkan rekomendasi nama capres
 
"Asal memang tetap menganut Pancasila, jadi ini namanya politik masih sangat terbuka. Siapapun dan di manapun bisa, mungkin besok bisa, di akhir tahun bisa, tahun depan kita belum tahu. Ini masih sangat dinamis," kata anak kandung Surya Paloh ini.

Tentang orang yang akan diusung pada Pemilu 2024, dia bilang, "Hingga saat ini, detik ini, Partai NasDem belum tau siapa yang akan kita usung, tetapi tentunya kita terbuka untuk semua nama calon."
 
Sebelum diputuskan nama capres pilihan Partai NasDem, masing-masing dewan pimpinan wilayah akan mengusulkan nama-nama capres dengan jumlah minimal tiga nama dan maksimal lima nama kepada dewan pimpinan pusat pada rapat pleno Rakernas 15 Juni-17 Juni 2022.

Baca juga: Lemhannas minta masyarakat siap hadapi berbagai ancaman krisis
 
Ketua Panitia Pengarah Rakernas Partai NasDem ini menyatakan, calon presiden tersebut harus memiliki kesesuaian dan semangat juang yang sama dengan Partai NasDem.

"Saya rasa dari survei-survei yang mungkin survei-survei itu bisa menjadi patokan, bisa juga tidak menjadi patokan. Karena mungkin dari internal ada mungkin Ahmad Sahroni mau dicalonkan, kita tidak tahu. Kalau memang daerahnya mau taruh ini bagaimana-bagaimana begitu tetapi bisa jadi patokan seperti itu bisa tidak jadi patokan juga mungkin," ucapnya.

Sekretaris Panitia Pengawah Rakernas, Willy Aditya, memastikan, melalui proses penyerapan nama-nama bakal capres yang dilakukan secara berjenjang itu, Partai NasDem akan merekomendasikan tiga tokoh capres.

Baca juga: Pengamat: Pertemuan SBY dan Surya Paloh bahas kerja sama politik

Adapun ketiga nama tokoh itu nanti akan disampaikan kepada Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, untuk akhirnya menghasilkan nama akhir bakal capres dalam pemilu 2024 mendatang.
 
Untuk diketahui, DPP Partai NasDem akan melaksanakan rakernas yang bertempat di Balai Sidang Jakarta pada 15-17 Juni 2022 dengan mengusung tema "Meneguhkan Politik Kebangsaan".

Baca juga: SBY dan AHY kunjungi Surya Paloh di Nasdem Tower

Rakernas itu akan dihadiri 6.311 peserta yang terdiri dari DPP Partai NasDem, anggota DPR, anggota DPRD, ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem, jajaran pengurus DPW, dan DPD dari seluruh Indonesia.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022