Silat tradisi Astrabi harus mulai diperkenalkan ke khalayak lebih luas
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) segera membentuk kepengurusan Koordinator Wilayah (Korwil) Internasional di Spanyol dan Serena Chile, Amerika selatan.

Ketua Dewan Pembina Astrabi,  Marullah Matali melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan organisasi budaya tradisi Betawi itu harus menyemarakkan panji di Indonesia bahkan dunia internasional, seperti Ikatan Pencak Silat Indonesia.

"Silat tradisi Astrabi harus mulai diperkenalkan ke khalayak lebih luas, bukan untuk bersaing untuk hal-hal yang sifatnya negatif, tapi dalam rangka berbuat kebajikan,” kata Marullah.

Baca juga: Mantan wartawan pimpin Asosiasi Silat Tradisi Betawi

Pada kesempatan itu, Marullah sempat mengukuhkan kepengurusan Astrabi terpilih dengan masa bakti 2022-2027.

Kepengurusan Astrabi juga terdapat koordinator wilayah pada lima wilayah kota Jakarta dan Kepulauan Seribu, serta Korwil Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang.

Kemudian, Korwil Internasional di Kota Antofagasta, Chile, Amerika selatan, serta segera dibentuk kepengurusan di Spanyol dan kota lain di Chile.

Marullah yang juga Sekda Provinsi DKI Jakarta itu menjelaskan Astrabi harus menarik minat masyarakat terutama di wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari 44 kecamatan, 267 kelurahan, 6.000 Rukun Warga (RW), dan sekitar 30.000 Rukun Tetangga (RT).

Baca juga: Anak muda bermain silat Betawi dalam Festival Condet

"Bagaimana caranya kita bisa semangatkan wilayah Jakarta dengan seni Maen Pukulan Betawi," ujar Marullah.

Marullah meminta masyarakat tidak mempermasalahkan berbagai corak dan jenis silat karena perbedaan tersebut memperkaya kebudayaan Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Astrabi Yusron Sjarief menyatakan organisasi tradisi pencak silat Betawi harus mengukuhkan martabat seni "Maen Pukulan Betawi".

“Untuk itu kita harus terus semangat dan bekerja sama menjadikan Astrabi sebagai organisasi yang berwibawa dan memberi manfaat untuk masyarakat serta membawa kemaslahatan buat masyarakat banyak," ungkap Yusron.

Baca juga: Sepak Goreng Asem, "maenan" dari kampung pinggir Ciliwung

Ia menegaskan Pengurus Astrabi DKI Jakarta terpilih harus menghidupkan dan menjaga tradisi organisasi.

Pada acara pelantikan Pengurus Astrabi itu turut hadir Kepala Dinas Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, Sekretaris DPRD Provinsi DKI Jakarta Firmansyah dan Sekretaris Perusahaan Perumda PALJaya Tanto Tabrani, dan Pengurus Forum Jurnalis Betawi (FJB).

Pelantikan pengurus baru juga disaksikan Dewan Penasehat Astrabi Abu Sadelih dan Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Beki Mardani.

Baca juga: Warga antusias ramaikan Gebyar Budaya Betawi

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022