London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, Sabtu mendesak Argentina menghentikan usaha mengintimidasi penduduk Falkland. Ucapan itu dia lontarkan  di tengah perang kata-kata setelah 30 tahun lalu dua negara itu berperang memperebutkan kepulauan tersebut.

"Jika pihak Argentina benar-benar menginginkan kemajuan, negara itu harus menghentikan usaha-usaha mengintimidasi penduduk sipil," kata Hague dalam pernyataan-pernyataan yang disiarkan surat kabar The Times.

Perang kata-kata keras itu adalah terbaru dalam satu sengketa lama atas Falkland, kepulauan yang memiliki pemerintah domestik sendiri terletak 400 mil laut dari Argentina.

Kepulauan itu dikuasai Inggris sejak tahun 1833 tetapi masih diklaim oleh Argentina yang menamakannya Malvinas. Argentina menduduki kepulauan itu pada tahun 1982 yang memicu perang 74 hari dengan Inggris.

Ketegangan mulai meningkat tahun 2010 ketika London mengizinkan pencarian minyak di sekitar kepulauan itu, dan meningkat dalam pekan-pekan belakangan ini ketika tetangga-tetangga Argentina ikut terlibat dalam sengketa itu.

Perang 74 hari untuk menguasai Falkland mulai 2 April 1982 yang menewaskan 649 tentara Argentina dan 255 tentara Inggris. Perang itu juga memaksa Argentina mundur dari kepulauan Samudra Atlantik itu.
(H-RN)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012