Waktu itu saya sodorkan novel ini ke penerbit di Indonesia malah ditolak. Saya malah sempat dipingpong oleh beberapa penerbit hingga akhirnya mereka bilang ke saya bahwa mereka tidak tertarik dengan novel saya ini,"
Bandung (ANTARA News) - Novel "Chronicles of The Fallen: Rebellion" karya Aya Lancaster (23), mahasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung,terbit di  Inggris dan diedarkan di kawasan Eropa.

"Buku ini pertama kali diluncurkan bulan Oktober 2011. Diedarkannya di Inggris, cetaknya di Amerika," kata Aya Lancaster, di sela-sela acara diskusi buku itu di Bandung, Sabtu.

Dia mengatakan, sebelumnya novel itu ditolak oleh banyak penerbit lokal.

"Waktu itu saya sodorkan novel ini ke penerbit di Indonesia malah ditolak. Saya malah sempat dipingpong oleh beberapa penerbit hingga akhirnya mereka bilang ke saya bahwa mereka tidak tertarik dengan novel saya ini," ujar Aya.

Menurut dia, alasan penerbit Indonesia menolak novel perdananya tersebut mungkin karena belum terbiasa dengan ide atau ceritanya. "Ditolak, mungkin karena mereka bilang ceritanya agak belum biasa kalau untuk diterbitkan di Indonesia, karena tokoh utamanya itu iblis perempuan" kata Aya

"Saya disarankan oleh teman saya untuk menawarkan novel saya ini ke penerbit luar dan memang penerbit luar malah menerima dan mau menerbitkan novel saya," kata Aya.

Saat ini, menurut dia, novelnya itu sudah beredar di Eropa, seperti Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, dan negara tetangga Singapura, serta Amerika Serikat

Novel itu juga kata Aya sudah mendapatkan resensi dari majalah Reader`s Digest.

Novel tersebut bercerita tentang sisi lain dari hubungan malaikat dan iblis.

"Ceritanya cinta, persahabatan, dan peningkhianatan. Tapi kalau mau ditarik lagi, intinya Tuhan itu tidak ada yang ngalahin," kata Aya. Dia mengemukakan karya bisa dipesan amazon.com, ebay.com dan "Barnes and Noble".

Aya menuturkan, peluncuran novel setebal 448 halaman tersebut di Indonesia akan dilakukan di Jakarta dan Bali dalam waktu dekat.
(KR-ASJ)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012