Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Tjahjo Kumolo, menegaskan bahwa partainya belum memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), termasuk dengan partai lain, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

"Ya, kita lihat nanti gelagat perkembangan dan dinamika politik setelah pemilu legislatif," kata Tjahjo kepada ANTARA News, Jakarta, Sabtu.

Terkait dengan banyaknya pertanyaan apakah PDI Perjuangan akan melakukan koalisi strategis dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2014, Tjahjo menyebutkan, kedua partai telah melakukan koalisi sejak 2009 saat pilpres.

"Menurut saya, yang jelas antara PDIP dan Partai Gerindra sejak Pilpres 2009 sudah membangun koalisi calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2009," kata Tjahjo.

Dia menambahkan, sampai sekarang pun antara PDIP dan Partai Gerindra terus membangun komunikasi politik sebagai partai yang mempunyai fraksi di DPR RI, termasuk dengan partai-partai politik lainnya.

Untuk penentuan calon presiden dan koalisi, sambung anggota Komisi I DPR RI itu, PDI Perjungan tidak akan terburu-buru menetapkan calon presidennya.

"Setidaknya, PDI Perjuangan belum tergesa-gesa memutuskan capres dan cawapres. Juga belum tergesa-gesa untuk menentukan koalisi dengan parpol siapa," kata Tjahjo.

Ia mengatakan bahwa penentuan calon presiden dan koalisi akan diumumkan pada saat yang tepat.

"PDI Perjuangan akan menentukan keputusan politik untuk koalisi atau tidak nantinya, tunggu momentum yang tepat," ujar dia.

(Zul)

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2012