Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengecam aksi kekerasan terhadap pers atau wartawan, khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi, seperti yang baru saja menimpa wartawan Jurnal Sukabumi Ilham Nugraha yang dianiaya oleh orang tidak dikenal saat meliput di RSUD Palabuhanratu pada Senin, (13/6).

"Aksi kekerasan terhadap wartawan tidak bisa ditoleransi apalagi wartawan yang sedang melakukan peliputan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Maka dari itu, kami meminta aparat penegak hukum yakni Polres Sukabumi untuk segera menangkap pelakunya dan menjatuhi sanksi sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku," kata Iyos di Sukabumi pada Selasa, (14/6).

Mantan Sekda Kabupaten Sukabumi ini pun terkejut menerima informasi bahwa telah terjadi penganiayaan terhadap wartawan di area pelayanan publik, yakni RSUD Palabuhanratu, apalagi seperti diketahui akibat aksi kekerasan tersebut bisa mengganggu para pasien yang berada di rumah sakit itu.

Menurutnya, kejadian ini seharusnya tidak perlu terjadi apalagi informasinya korban tengah bertugas melakukan peliputan korban kecelakaan, di mana satu keluarga terjatuh saat melintasi Jembatan Cimandiri dengan sepeda motornya dan tercebur ke Sungai Cimandiri, Palabuhanratu.

Baca juga: Pengamat: Kekerasan terhadap jurnalis ancaman serius kebebasan pers

Jika tidak berkenan untuk diliput maka bisa meminta izin atau dibicarakan dengan baik-baik tanpa harus dengan kekerasan yang berujung penganiayaan, karena seperti diketahui setiap wartawan yang menjalankan tugasnya diikat oleh kode etik sesuai UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Namun demikian, pihaknya tidak ingin terulang kembali kejadian serupa di daerah yang dipimpinnya tersebut, maka dari itu pihak kepolisian harus bertindak tegas dan cepat menangkap para pelakunya serta diproses secara aturan yang berlaku.

Sebelumnya, wartawan Jurnal Sukabumi Ilham Gunawan dianiaya oleh sejumlah orang tidak dikenal (OTK) saat bertugas melakukan peliputan korban kecelakaan di RSUD Palabuhanratu. Di mana korban mengalami sejumlah luka lebam di beberapa anggota tubuhnya karena dipukuli oleh sejumlah OTK.

Ilham pun sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian dan Satreskrim Polres Sukabumi tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus kekerasan terhadap wartawan.

Baca juga: AJI sebut kekerasan terhadap jurnalis meningkat hingga 90 kasus

Baca juga: Dewan Pers segera temui Kapolri bahas kekerasan terhadap wartawan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022