Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan jamaah calon haji daerahnya untuk menjaga kesehatan dengan agar semua rangkaian ibadah haji dapat terlaksana dengan baik.

“Saya mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji Aceh, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” kata Nova di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Nova saat melepas keberangkatan jamaah haji embarkasi Aceh kloter pertama di Komplek Asrama Haji Embarkasi Aceh di Kota Banda Aceh.

Nova turut mengucapkan selamat kepada jamaah calon haji Aceh yang akan diberangkatkan tahun ini. Tentu ini patut disyukuri bersama, karena dalam dua tahun terakhir pemberangkatan jamaah haji harus dibatalkan karena situasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Farah Fazira, jamaah haji termuda Aceh asal Lhokseumawe

Baca juga: Kemenag: 393 jamaah kloter pertama negatif COVID-19 dan siap berangkat


Gubernur juga berpesan kepada para jamaah haji asal Aceh agar dapat memperluas ukhuwah Islamiyah dengan sesama jamaah.

Tentu, kata dia, dengan terjalin ukhuwah Islamiyah di antara jamaah maka diharapkan dapat menjadi penolong selama melaksanakan ibadah haji.

“Sesama jamaah dalam rombongan adalah keluarga senasib dan sepenanggungan, maka sudah seharusnya kepentingan bersama lebih diutamakan,” kata Nova.

Di sisi lain, Nova juga terus berupaya agar kuota haji Aceh dapat ditambah, sehingga daftar tunggu bisa menurun dari tahun ke tahun.

Terkait ini dibutuhkan koordinasi yang kuat dengan Pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota haji Indonesia, kata Nova.

Jamaah kloter satu yang akan berangkat terdiri dari jamaah asal Banda Aceh 187 orang, Sabang 19 orang, Aceh Besar 70 orang, Pidie Jaya 54 orang, dan Aceh Utara 57 orang.

Sesuai jadwal, para jamaah haji kloter satu Aceh akan diterbangkan, pada Rabu (15/6) sekitar pukul 01.25 WIB, dengan pesawat SKYTEAM Garuda Indonesia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Pada musim haji tahun ini, Kemenag Aceh akan memberangkatkan jamaah sebanyak 1.992 orang ditambah petugas sebanyak 31 orang, sehingga total 2.023 orang.

Semua jamaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter sebanyak 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

Dalam kloter campuran, jamaah asal Aceh akan bergabung dengan sebagian jamaah Medan, Sumatera Utara.*

Baca juga: Usai dua hari di Mekkah, jamaah Aceh bakal terima wakaf Baitul Asyi

Baca juga: Calon haji Simeulue-Aceh pada musim haji 2022 hanya 22 orang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022