Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang ekonomi terjadi di Indonesia pada Selasa (14/6), dari Presiden Joko Widodo meminta kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah pusat maupun daerah tetap membeli produk dalam negeri (PDN) meski memiliki harga lebih mahal hingga hasil penelitian terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berikut selengkapnya:

1. Presiden minta tetap beli produk dalam negeri meski harga lebih mahal

Presiden Joko Widodo meminta pemerintah pusat, yakni kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah tetap belanja produk dalam negeri melalui e-katalog meskipun harganya lebih mahal daripada produk impor.


2. ​​​​​​Teten sebut strategi "predatory pricing" bikin UMKM tak bisa bersaing

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan strategi predatory pricing yang banyak dilakukan oleh e-commerce membuat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa bersaing dengan produk asing.


3. Sandiaga: Sektor ekonomi kreatif beri harapan baru bagi Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sektor ekonomi kreatif (ekraf) yang terus bertumbuh memberikan harapan baru bagi Indonesia.


4. Airlangga sampaikan komponen penting transisi energi pada Forum B20

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pada forum Business 20 (B20) bahwa teknologi, market dan green financing merupakan komponen penting transisi energi.


5. Peneliti: UMKM lebih banyak gunakan uang elektronik

Hasil penelitian CORE Indonesia mengungkapkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kini lebih banyak menggunakan uang elektronik dibandingkan kartu debit.

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022