Jayapura (ANTARA) - KPUD Kabupaten Yahukimo, Papua akan menyosialisasikan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum atau pemilu serentak 2024 kepada masyarakat di wilayah itu.

Langkah itu dilakukan setelah KPUD Kabupaten Yahukimo mengikuti peluncuran tahapan pemilu 2024 secara daring di salah satu Hotel di Kota Jayapura oleh KPU dari halaman Kantor KPU setempat, Selasa.

"Kami akan mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat dengan harapan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Yahukimo akan berjalan baik, berkualitas, demokratis dan berintegritas," kata ketua KPUD Kabupaten Yahukimo, Andreas Silak, di Jayapura, Papua, Selasa.

Baca juga: Pengamat: Sosialisasi Pemilu 2024 harus diintensifkan

Menurut Silak, dengan peluncuran tahapan pemilu maka KPUD seluruh Indonesia, termasuk KPUD Kabupaten Yahukimo, wajib memulai semua proses penyelenggaraan pemilu serentak 2024 sebagaimana regulasi.

"Prinsipnya kami siap melaksanakan seluruh tahapan Pemilu 2024 sebagaimana jadwal dan tahapan yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3/2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024," katanya.

Baca juga: Sosialisasi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten Gianyar

Senada dengan itu, anggota Divisi Sosialisasi Pendidikan Masyarakat dan SDM KPUD Kabupaten Yahukimo, Penas Pahabol, menjelaskan sosialisasi Pemilu 2024 akan digelar secara bertahap hingga 5 Februari 2024 mendatang.

"Sosialisasi ini akan kami lakukan menyeluruh baik untuk 12 suku di Yahukimo, sekolah, partai politik, termasuk pihak pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Baca juga: Kemendagri sosialisasi seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu

Sementara itu anggota Divisi Hukum KPUD Kabupaten Yahukimo, Zeth Keroma,  berharap para peserta Pemilu serentak 2024 khususnya partai politik dapat mempersiapkan diri menjelang tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol.

Ia menyatakan, sebagaimana jadwal nya dalam satu atau dua bulan ke depan KPU mulai masuk pada tahapan verifikasi partai politik sehingga diharapkan pimpinan partai politik dapat menyiapkan diri dari sekarang.

Baca juga: Pengamat politik: Sosialisasi kunci sukses Pemilu dan Pilkada 2024

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022