Jakarta (ANTARA) - Harga rumah di 70 kota besar dan menengah di China terus menunjukkan tren penurunan pada Mei 2022, meski laju penurunannya melambat, demikian disampaikan Biro Statistik Nasional China (National Bureau of Statistics/NBS) pada Kamis (16/6).

Pada Mei, 43 dari 70 kota tersebut mencatat penurunan harga penjualan rumah baru dalam basis bulanan, turun dari 47 pada April, menurut data dari NBS.

Harga rumah baru di empat kota tingkat pertama, yaitu Beijing, Shanghai, Shenzhen, dan Guangzhou, naik 0,4 persen secara bulanan pada Mei, bertambah 0,2 poin persentase dari angka yang tercatat pada April.

Total 31 kota tingkat kedua mencatat penurunan bulanan sebesar 0,1 persen dalam hal harga rumah baru, sedangkan 35 kota tingkat ketiga melaporkan penurunan bulanan sebesar 0,3 persen untuk harga rumah baru.

Harga rumah yang hendak dijual kembali di empat kota tingkat pertama tetap tidak berubah dalam basis bulanan pada Mei. Kota-kota tingkat kedua dan ketiga mencatat penurunan harga rumah yang akan dijual kembali masing-masing sebesar 0,3 persen dan 0,5 persen dalam basis bulanan.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022