Ngaji bareng Mufti Rusia ini dalam rangka mendoakan agar umat Islam dunia bersatu dan berjibaku.
Jakarta (ANTARA) - Pembina Majelis Rahmatan Lil Alamin Abdul Muhaimin Iskandar mengundang Ketua Majelis Spiritual Muslim (Mufti) Rusia Albir Krganov dalam acara tablig akbar atau pengajian bersama untuk mendoakan agar umat Islam dunia bersatu dan menyerukan perdamaian dunia.

"Ngaji bareng Mufti Rusia ini dalam rangka mendoakan agar umat Islam dunia bersatu dan berjibaku menyerukan perdamaian dunia," kata Cak Imin, sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Di samping itu, Cak Imin juga menyampaikan sengaja mengundang ulama kondang Rusia itu dalam tablig akbar bertajuk "Umat Islam Penggerak Perdamaian Dunia", di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis, sebagai upaya agar Rusia segera berdamai dengan Ukraina.

Selain Cak Imin dan Syekh Albir Krganov, tablig akbar juga dihadiri oleh para habib, ulama, dan para ustaz atau assatid se-Jabodetabek.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku, sejak awal secara tegas meminta Rusia agar segera mengakhiri invasi atau pendudukan militer atas Ukraina karena dinilai lebih banyak memunculkan mudarat.

Sebagai tokoh di Tanah Air yang paling gencar mengampanyekan perdamaian dunia, khususnya terkait dengan perang antara Rusia dan Ukraina, Cak Imin telah menemui Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin, dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

Lalu, pada beberapa waktu yang lalu, Cak Imin juga telah berdialog langsung dengan Presiden Ukraina Volodymir Zelensky untuk membahas kondisi negaranya yang diserang Rusia itu.

Bahkan, Cak Imin pun secara khusus menggelar acara doa bersama ribuan kiai dan para habib di Jawa Timur untuk perdamaian Rusia dan Ukraina.

Terkait dengan kunjungannya ke Indonesia, Mufti Rusia Albir Krganov didampingi oleh tokoh agama, beberapa masyarakat Rusia, ulama, dan perwakilan komunitas bisnis dari wilayah Muslim Rusia.

Dia memulai kunjungan persaudaraan ke Indonesia pada hari Senin (13/6).
Baca juga: Wali Kota Bandarlampung minta masyarakat patuhi maklumat MUI

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022