... sejatinya, seluruh perjalan karier adalah proses pembelajaran dan penempaan yang harus dilalui, untuk menjadi seorang airman yang handal...
Yogyakarta (ANTARA) - Komandan Pangkalan Udara TNIAU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Azhar Aditama, menekankan, para siswa Sekolah Penerbang TNI A-100 untuk mengembangkan jiwa airmanship yang menjadi landasan bertindak bagi semua pengawak wahana udara (airman) yang lahir dari kewaspadaan situasional yang tinggi.

Saat memimpin upacara kenaikan pangkat kopral siswa menjadi sersan siswa PSDP A-33 serta tradisi terbang solo Sekolah Penerbang TNI A-100, di Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat, dia mengatakan, untuk mencapai hal itu, diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan serta pondasi kedisiplinan yang terus diasah sepanjang waktu.

Baca juga: Kasau: "Wing Day" lahirkan elang baru generasi penerus TNI AU

"Terus mawas diri dan semakin giat dalam mengisi dan mengembangkan kemampuan diri dengan pengetahuan yang relevan serta senantiasa tingkatkan kemampuan literasi," kata dia, dikutip dari keterangan tertulis Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto.

Oleh karena itu, dia menyampaikan selamat atas kenaikan pangkat siswa PSDP A-33 dari kopral siswa menjadi sersan siswa, dengan harapan agar para siswa menunjukkan kemampuan sehingga pantas menyandang pangkat itu.

Baca juga: 24 siswa Sekolah Instruktur Penerbang latihan navigasi jarak jauh

Lebih lanjut dia mengharapkan agar para siswa Sekolah Penerbang TNI untuk menanamkan prinsip untuk terus belajar sepanjang hayat. "Karena sejatinya, seluruh perjalan karier adalah proses pembelajaran dan penempaan yang harus dilalui, untuk menjadi seorang airman yang handal," kata dia.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan acara tradisi yang dia pimpin itu, ditandai pemasangan badge bertuliskan sierra number kepada perwakilan siswa Sekolah Penerbang TNI A-100/PSDP A-33.

Baca juga: Pemerintah upayakan serap tenaga pilot baru

Kemudian penyiraman air kembang, dan diakhiri pelepasan burung merpati sebagai tanda lahirnya sayap baru pada seluruh siswa oleh dia diikuti para undangan dan siswa Sekolah Penerbang TNI A-100/PSDP A-33.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022