... tidak terbayang jika ada pegawai kemungkinan tertimpa menara...
Lebak (ANTARA News) - Belasan rumah di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, rusak berat diterjang angin puting beliung, Rabu (25/1) sore.  Puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon di wilayah itu.

"Peristiwa angin puting beliung itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lebak, Muklis, di Rangkasbitung, Kamis.

Ia mengatakan, selama beberapa hari terakhir cuaca di wilayah Kabupaten Lebak bagian selatan cukup tinggi, sehingga warga diminta waspada jika terjadi angin kencang disertai hujan.

Angin puting beliung juga merobohkan menara dan menimpa Kantor Kecamatan Wanasalam.

Namun, kata dia, beruntung saat kejadian kondisi kantor kecamatan kosong dan tidak ada pegawai.

"Saya kira tidak terbayang jika ada pegawai kemungkinan tertimpa menara," katanya.

Ia menyebutkan, jumlah rumah yang tertimpa angin puting beliung di Kecamatan Wanasalam tercatat 18 rumah, satu buah sekolah madrasah diniyah dan kantor kecamatan.

Mereka warga yang terkena angin puting beliung tersebar di Desa Bejod, Sukatani dan Wanasalam. Kondisi rumah mereka rusak berat diterjang puting beliung, terutama bagian atap rumah dan genteng.

Hujan lebat disertai angin kencang melanda daerah itu berlangsung 2,5 jam. "Saat ini mereka para korban angin puting beliung yang rumahnya roboh terpaksa mengungsi di rumah kerabatnya," katanya.

Camat Wanasalam, Ucu, mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan korban angin puting beliung, selain belasan rumah rusak berat juga sejumlah pohon tumbang.

"Pemerintah daerah akan memberikan bantuan berupa beras dan sembako untuk meringankan beban mereka yang tertimpa musibah bencana alam," ujarnya. (ANT)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012