Washington (ANTARA News) - Mitt Romney kembali ke jalurnya semula.  Kurang dari seminggu setelah menyengat balik di Carolina Selatan, Romney menyalip lagi pesaingnya Newt Gingrich pada jajak pendapat Florida, Kamis waktu AS.

Dia kembali menggapai performa debat terkuatnya dalam jungkir balik putaran pemilihan kandidat presiden untuk Partai Republik.

Pada tiga pemilihan terbaru, Romney unggul 7 atau 8 poin di Florida beberapa jam sebelum kepercayaan diri dan performa debat agresifnya memaksa  Gingrich kembali ke posisi defensif pada pertarungan terakhir mereka menjelang pemilihan utama di tinggal negara bagian Selasa nanti.

"Ini adalah debat terbaiknya tepat ketika dia memerlukannya. Romney memenangkan debat ini dan dia kemungkinan besar memenangkan debat utama," kata ahli strategi kampanye Partai Republik, Ron Bonjean.

Romney, yang keunggulannya dari  Gingrich menyusut setelah kekalahan 12 poin di Carolina Selatan, juga diuntungkan oleh gelombang baru kritik terhadap Gingrich yang datang dari para pemimpin utama konservatif dan partai.

Ini adalah pembalikan momentum yang terakhir dalam sebuah pertaruangan yang penuh dengan pasang surut.  Gingrich belum lama ini memupus keunggulan Romney di Florida setelah kemenangannya di Carolina Selatan.  Dia masih memiliki momentum untuk membalikkan keadaan.

Namun bagi Romney, kemenangan di Florida akan menempatkannya di posisi yang kuat untuk memenangkan nominasio, dengan pemilihan utama condong memenangkannya pada Februaru nanti di mana dia memiliki keuntungan di tujuh negara bagian.

Berikutnya pada 4 Februari adalah Nevada yang penduduk Mormon-nya sangat banyak dan di mana Romney yang juga seorang Mormon, pernah menang 51 persen pada pemungutan suara untuk pencalonan kepresidennanya pada 2008 yang gagal dimenangkannya. 

Pada 7 Februari, Minnesota, Colorado dan Missouri akan menjadi ajang berikutnya. Gingrich tidak punya basis di Missouri.

Pada ajang Februari nanti, empat negara bagian --Nevada, Maine, Colorado dan Minnesota - menggunakan sistem kaukus di mana organisasi kampanye yang kuat bisa membantu memenangkan pemilihan.  Itu memberi Romney yang memiliki dukungan dana besar dan sumber daya staf yang banyak, sebuah keuntungan.

Pada 28 Februari, Michigan dan Arizona menggelar pemilihan utama. Romney adalah mantan gubernur Massachusetts yang dibesarkan di Michigan di mana ayahnya adalah mantan gubernur sekaligus eksekutif mobil.

'Jika Mitt Romney menang di Florida, maka dia akan mengendalikan Super Tuesday (pemilihan utama)," kata ahli strategi Republik Ford O'Connell.

Sembilan negara bagian akan menggelar  "Super Tuesday" pada 6 Maret mendatang.

"Florida adalah pertaruhan bagi Gingrich karena dia perlu menang demi mendapatkan kembali momentumnya dan menyimpan tenaga," kata O'Connell said. "Dia mengeluarkan apa saja untuk memenangkan persaingan dengan Romney di Florida."

Mesin serangan Romney

Gingrich, mantan Ketua DPRr, mengkambinghitamkan "mesin serangan Romney" yang menyebut kemenangan  Gingrich di Florida yang mungkin meloloskannya menjadi calon presiden dari Republik akan menjadi pukulan terhadap partai dalam melawan Presiden Barack Obama November nanti.

"Kini adalah waktunya untuk tegar sebelum menjadi sangat terlambat," kata Robert Dole, mantan ketua Senat dan kandidat calon presiden Republik 1996.

"Jika Gingrich adalah calonnya maka itu akan berdampak merugikan kepada para kandidat Republik yang menjalankan kantor pemerinah daerah, negara bagian dan pusat," katanya. "Dia orang ego sentris yang jarang sekali mau menerima saran," kata Dole merujuk masa jabatan Gingrich sebagai Ketua DPR pada 1990an.

Kolumnis konservatif yang bombastis Ann Coulter juga mengingatkan penominasian Gingrich yang disebutnya malah memuluskan Obama untuk bertahta di paruh kedua masa jabatannya di Gedung Putih.  'Konservatisme adalah kualitas terpilih," tulis Coulter. "Arognasi yang besar kepala bukalah konservatif dan tidak pula menarik bagi pemilih."

Pukulan satu dua dari kritik konservatif dan menguatnya debat Romney bisa jadi menciptakan ledakan polidik terhadap Gingrich.

"Performa debat Romney yang luar biasa dan munculnya pandangan sayap kanan dari Gingrich adalah resep bagi dirinya," kata Bonjean. "Itulah pukulan satu dua yang efektif."

Sarah Palin, mantan calon wakil presiden pada pemilu 2008, menyebut Gingrich telah difitnah oleh pandangan partai.

"Mereka tengah mencoba mengorbankan pria ini dna menuliskan lagi sejarah, dan menulis lagi apa yang dibelanya selama bertahun-tahun," kata Palin kepada Fox Business Network.

Kepercayaan yang membaik lagi kepada Romney adalah bukti awal dari komitmennya dalam menangani sekitar 11 juta imigran ilegal. 

Gingrich menyebut  Romney sebagai kandidat yang paling anti immigran di mana Romney menyebutnya "tak termaafkan, sakit, dan tidak tepat."

Ketika Gingrich menuduh kebijakan Romney akan menelantarkan para nenek yang membangun hidup di AS, Romney menyerang balik: "Kalian tahu kan, masalah kita adalah bukan soal 11 juta nenek." (*)

Monalisa/Reuters

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012