Mekkah (ANTARA) - Jamaah Indonesia yang datang ke Arab Saudi melalui Kota Jeddah melaksanakan ibadah umrah wajib setelah tiba di Kota Mekkah pada Minggu.

Rombongan pertama calon haji Indonesia yang diterbangkan dari Tanah Air menuju ke Kota Jeddah pada pemberangkatan gelombang dua, jamaah dalam kelompok terbang 24 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah pada Minggu pukul 03.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Dari bandara Jeddah, sebanyak 393 calon haji asal Banten yang tergabung dalam kelompok terbang 24 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede diantar ke penginapan di Kota Mekkah.  

Mereka tiba di Al Lu'luah Hotel di Sektor 3 Raudhah pada pukul 05.30 WAS kemudian beristirahat sejenak dan bersiap-siap menuju ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah.

Sekitar pukul 08.00 WAS, seluruh anggota jamaah yang sudah memakai pakaian ihram diberangkatkan menggunakan bus ke Masjidil Haram.

Petugas seksi transportasi mengarahkan jamaah untuk menaiki bus shalawat yang akan mengantar mereka ke Masjidil Haram.

Ada enam bus shalawat dengan kode nomor 3 yang disiapkan untuk melayani jamaah di rute Raudhah-Syieb Amir serta 16 bus shalawat yang disediakan untuk mengantar dan menjemput jamaah di sektor 3.

Fauzi, anggota jamaah asal Banten, bersyukur mendapat pelayanan baik sejak tiba di Jeddah.

"Dari bandara ke sini pelayanan bagus. Petugas ramah-ramah semua, termasuk sampai Jeddah disambut orang Arab bagus, jamaah dikasih bunga," katanya.

Jamaah Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang kedua memasuki wilayah Arab Saudi melalui Kota Jeddah dan kemudian diantar menuju ke Kota Mekkah.

Pada pemberangkatan gelombang pertama, jamaah Indonesia diterbangkan dari Tanah Air menuju ke Kota Madinah dan setelah selama sekitar sembilan hari berada di Kota Nabi mereka diberangkatkan ke Kota Mekkah.

Baca juga:
3.209 calon haji Indonesia dijadwalkan tiba di Jeddah pada Minggu
Jamaah Indonesia mendapat sambutan hangat di bandara Jeddah

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022