sinergi antara INKA dengan perguruan tinggi dapat menjadi contoh
Madiun (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Kemendikbudristek Prof. Nizam mengapresiasi sinergi yang dilakukan  Dikti Ristek dengan PT INKA (Persero) tentang program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Dalam keterangannya yang diterima di Madiun, Minggu, Nizam menyatakan kerja sama MSIB tersebut merupakan momentum untuk mengembangkan riset dan inovasi kendaraan listrik, serta kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri untuk mewujudkan program magang bersertifikat sebagai bagian dari Program Kampus Merdeka.

"Ikatan antara industri dengan perguruan tinggi ini menjadi suatu keharusan agar hasil riset dari perguruan tinggi tidak hanya menjadi tulisan, namun berguna di dunia industri," ujar Nizam.

Baca juga: Setelah buka 2.700 loker, Erick Thohir buka kesempatan magang di BUMN
Baca juga: 3.291 mahasiswa jalani magang di BUMN

Dirjen Dikti Ristek Nizam bersama rombongan telah melakukan peninjauan MSIB yang telah dimulai sejak bulan Maret 2022 di kantor PT INKA (Persero) Madiun pada Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, sejak tahun lalu, Dikti Ristek telah mendorong program kolaborasi antara kampus dengan industri melalui berbagai skema seperti menyiapkan pendanaan pendamping melalui rekrutmen dan melalui program magang bersertifikat kampus merdeka.

Ia menilai pihak yang lebih paham terkait kebutuhan dari dunia industri adalah rekan-rekan dari perindustrian sendiri.

"Oleh karena itu, apa yang dibutuhkan oleh industri, kami siap menyiapkan matching fund. Sehingga produk bus merah putih menjadi model yang ideal untuk menggabungkan industri INKA dengan program magang dari perguruan tinggi. Sehingga sinergi antara INKA dengan perguruan tinggi dapat menjadi contoh untuk BUMN lainnya," katanya.

Baca juga: ITS bagikan jurus dukung program magang mahasiswa bersertifikat
Baca juga: Cerita mahasiswa yang ikuti magang bersertifikat dari FHCI

Ia juga berterima kasih atas kolaborasi antara INKA dengan Dikti, karena kerja sama tersebut juga melibatkan para dosen dan mahasiswa.

"Semoga ke depannya hubungan dapat terjalin semakin erat. Sehingga semakin banyak kemajuan yang bisa diwujudkan," kata dia.

Saat meninjau program MSIB ke PT INKA (Persero), Dirjen Dikti Ristek Nizam didampingi Sekretaris Ditjen Dikti Ristek Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, serta mahasiswa magang.

Baca juga: Kemendikbud: Program magang "win-win solution" bagi industri-PT

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022