Ambon (ANTARA) -
Lima  penerbangan ke Bandara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, dialihkan ke  bandara terdekat akibat cuaca buruk pada Minggu.

"Lima pesawat tidak bisa mendarat di Bandara Pattimura karena cuaca buruk di Ambon yang mengakibatkan jarak pandang terbatas," kata Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Aditya Narendra.

Ia mengatakan lima penerbangan yang dialihkan itu adalah  Lion Air dengan nomor penerbangan JT-786 rute Makassar-Ambon, yang kembali ke bandara Sultan Hassanudin Makassar. Akibatnya pesawat  baru tiba di Bandara Pattimura pada  17.43 WIT dari seharusnya  pukul 12.00 WIT, 

Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1515 dengan rute Saumlaki-Ambon dan Wings Air dengan nomor penerbangan IW-2174 rute Ternate-Ambon, dan Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1533 rute Namlea - Ambon juga dialihkan ke Sorong (SOQ) Papua Barat.

Sesuai jadwal Pesawat Wings Air rute Namlea - Ambon seharusnya mendarat di Bandara Pattimura pukul 09.15 WIT, rute Saumlaki - Ambon  pukul 11.15 WIT dan rute Ternate - Ambon pukul 12.00 WIT. Ketiga pesawat Wings air yang dialihkan ke Sorong, sesuai update rute Saumlaku - Ambon mendarat pukul 17.08 WIT, sedangkan rute Ternate - Ambon tiba di bandara Pattimura Ambon pukul 17.16 WIT, dan rute Namlea - Ambon pukul 17. 23.

Sedangkan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-886 yang rencananya tiba Pukul 13.40 WIT, baru bisa mendarat di Bandara Pattimura pada pukul 17.49 WIT setelah sempat dialihkan ke Kendari.

"Jadi, saat ini kelima pesawat sudah berhasil mendarat di Bandara Pattimura Ambon," ujarnya.

Dia mengemukakan, sesuai prosedur yang berlaku jika cuaca buruk penerbangan yang posisinya telah mendekati bandara akan dialihkan ke bandara terdekat atau apabila memungkinkan akan menunggu di udara.

"Apabila cuaca masih buruk maka pesawat dari daerah asal akan menunggu diberangkatkan sampai kondisi membaik," kata Aditya.

Meski cuaca buruk melanda Kota Ambon semua penerbangan dari Bandara Pattimura ke bandara tujuan berjalan lancar.

"Kalau penerbangan dari Bandara Pattimura semua lancar dan tidak ada yang tertunda," kata Aditya.
Baca juga: Terganggu cuaca buruk, tiga penerbangan di Ambon alihkan pendaratan
Baca juga: Enam penerbangan di Ambon terganggu cuaca buruk

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2022