Jakarta (ANTARA) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan perubahan anyar pada jumlah turnamen World Tour untuk periode 2023-2026, dengan tambahan paling mencolok pada ajang Super 1000 yang akan menjadi empat kali dan Super 750 menjadi enam kali.

Menurut Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund, perubahan ini merupakan hasil dari ketertarikan positif dari para negara penyelenggara yang mengikuti bidding pelaksanaan turnamen.

"Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang tumbuh dengan sangat cepat lewat partisipasi dan jumlah penggemar yang meningkat. Dengan lebih banyak turnamen, memberikan kita kesempatan luar biasa untuk mendorong olahraga ini dijangkau lebih banyak orang di dunia," kata Thomas seperti dilansir BWF di laman resminya, Senin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penambahan jumlah turnamen juga akan membuka peluang lebih besar bagi keikutsertaan pebulu tangkis untuk ikut berkompetisi dalam tingkat elit dan mendapatkan pengalaman yang lebih berharga.

BWF menyebutkan akan ada tambahan satu turnamen Super 1000, dua turnamen Super 750, tiga Super 500 dan dua tambahan dari Super 300.

Baca juga: Axelsen wujudkan mimpi juarai Indonesia Open 2022 di Istora
Baca juga: Liu Yuchen/Ou Xuan Yi juara baru ganda putra Indonesia Open


Secara rinci, disebutkan bahwa Malaysia Open akan menjadi turnamen bulu tangkis kasta tertinggi di level Super 1000, mengikuti All England, Indonesia Open, dan China Open yang lebih dulu diadakan.

Lalu India Open dan Singapore Open juga naik kelas menjadi Super 750, sementara pelaksana turnamen di level yang sama seperti Jepang, China, Prancis dan Denmark tetap mempertahankan statusnya.

Pada level Super 500 kedatangan tiga tuan rumah baru, yaitu Australia, Kanada, dan Finlandia yang menyusul Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Dua turnamen yang sebelumnya level Super 100 yaitu Hylo Open dan Orleans Masters, akan naik tingkat menjadi Super 300.

"Kami sangat terkesan dengan bidding yang diterima dalam jumlah besar, ini akan mempengaruhi pelaksanaan turnamen yang lebih berkualitas dalam empat tahun ke depan. Hal ini juga memungkinkan kami menawarkan hadiah uang yang lebih besar, cakupan penayangan yang lebih luas di media masa, demi mempersembahkan produk olahraga kelas dunia yang diidamkan," Thomas menyebutkan.

Berikut daftar turnamen BWF selain Super 100 pada 2023-2026:
Super 1000
1. All England
2. Indonesia Open
3. China Open
4. Malaysia Open

Super 750
1. China Masters
2. India Open
3. Japan Open
4. Singapore Open
5. Denmark Open
6. French Open

Super 500
1. Indonesia Masters
2. Thailand Open
3. Malaysia Masters
4. Findland Open
5. Australia Open
6. Canada Open
7. Hong Kong Open
8. Korea Open
9. Jepang (belum konfirmasi nama resmi)

Super 300
1. Thailand Masters
2. Spain Masters
3. US Open
4. Korea Masters
5. German Open
6. Hylo Open
7. Swiss Open
8. Taipei Open
9. New Zealand Open
10. Prancis (belum konfirmasi nama resmi)
11. India (belum konfirmasi nama resmi)

Baca juga: Liliyana Natsir terima penghargaan "Hall of Fame" BWF di Istora
Baca juga: BWF batalkan turnamen bulutangkis di Rusia dan Belarus
Baca juga: BWF tuai kritik karena jadwal turnamen yang padat

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022