Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia platform digital Youtap Indonesia menghadirkan pembaruan aplikasi Youtap POS dengan fitur yang lebih lengkap agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin mantap dalam bertransformasi digital.

"Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti membuat katalog produk, pembayaran digital, mendapatkan pelaporan penjualan secara otomatis, membuat menu digital, fitur pesan online dan pesan dari hp," kata CEO Youtap Herman Suharto saat konferensi pers virtual pada Selasa.

"Kami juga menyediakan layanan pesan mandiri hingga menyediakan jasa pengiriman atau kurir, baik kurir instan maupun kurir toko sendiri, agar setiap proses bisa menjadi cepat dan praktis serta jadi peluang usaha baru dan memberikan pendapatan tambahan bagi mitra kami," lanjut dia.

Selain memiliki fitur yang semakin lengkap, Youtap POS yang diperbarui kini bisa digunakan melalui semua tipe perangkat baik handphone maupun tablet.

Baca juga: Bank Mandiri gandeng pelaku fintech, dorong adopsi digital UMKM

Hendra mengatakan, hal tersebut merupakan bentuk nyata Youtap POS untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha dari semua level, mulai dari pedagang pasar hingga kafe, untuk memiliki kasir digital.

"Jika sebelumnya teknologi ini hanya dapat digunakan lewat tablet, kami berinisiatif untuk menghadirkannya dalam telepon genggam yang penggunaannya lebih membumi, sehingga fungsi menerima pembayaran tunai dan non tunai, membuat tampilan katalog produk hingga mengatur menu delivery maupun take away dapat diakses oleh para pelaku usaha mikro dan nano sekalipun," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap teknologi terbaru itu dapat melahirkan lebih banyak UMKM kekinian yang siap beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada. Hal tersebut, guna mendukung target pemerintah untuk mendigitalisasi 30 juta UMKM di 2024.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Cristina Agustin pun mengapresiasi Youtap atas dukungannya dalam menggeliatkan transformasi digital bagi para UMKM.

"Youtap memiliki peran dalam menggeliatkan transformasi digital untuk membangun ekosistem yang penuh inovasi bagi anak bangsa. Kami mengapresiasi Youtap dan saya berharap dapat menjadi kolaborasi untuk memfasilitasi transformasi digital bagi UMKM Indonesia," ujar Cristina.

Baca juga: Youtap akselerasi digitalisasi UMKM lewat fitur Mitra Usaha

Baca juga: Youtap hadirkan fitur baru Belanja Stok

Baca juga: Youtap luncurkan fitur "Belanja Stok" dan "PHP"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022