Painan, Sumbar (ANTARA News) - Korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas di jalan lintas barat Sumatera di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tercatat sebanyak delapan orang sepanjang Januari 2012.

"Korban terakhir adalah Putri Gustari (16) dalam kecelakaan yang terjadi di Bukit Biawak, Selasa (31/1), sekitar pukul 15.00 WIB," ujar Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pesisir Selatan Aipda Zairul di Painan, Selasa.

Jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di jalan lintas barat Sumatera sepanjang 2012 sebanyak delapan orang dalam 16 kasus kecelakaan.

Ia menyebutkan, Putri Gustari ditemukan warga tergeletak di jalan raya lintas barat Sumatera di tikungan Bukit Biawak Kecamatan IV Jurai atau sekitar tiga kilometer dari Kota Painan.

Saat kejadian, korban berboncengan dengan dua temannya dari Painan hendak menuju Batangkapas. Kedua temannya masing-masing Puja dan Lestari mengalami luka-luka dan mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan.

"Tingginya angka kecelakaan ini disebabkan masih rendahnya kesadaran pengendara dalam mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Korban mayoritas berusia muda atau remaja," katanya.

Untuk menekan angka kecelakaan, Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Pesisir Selatan terus menyosialisasi dan melakukan pemasangan plang informasi rawan kecelakaan lalu lintas hingga ke tingkat kecamatan.

Selain rendahnya kesadaran masyarakat, menurut dia, tingginya angka kecelakaan lalu lintas juga akibat banyaknya tikungan di jalan lintas barat Sumatera.

Dari 16 kasus kecelakaan yang terjadi sepanjang Januari 2012, terbanyak terjadi di Kecataman Batangkapas dan IV Jurai. (AH/R014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012