Jakarta (ANTARA) - Harga grosir produk pertanian China tercatat turun tipis pekan lalu, demikian menurut data dari Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan.

Dari 10 hingga 16 Juni, indeks harga grosir produk pertanian China tercatat di angka 114,82, turun 1,51 poin secara mingguan, papar kementerian itu.

Dalam basis mingguan, rata-rata harga grosir daging babi, daging pokok di China, turun 0,3 persen menjadi 21,09 yuan (1 yuan = Rp2.210) per kilogram. Harga tersebut merosot 14,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Rata-rata harga grosir telur berada di angka 9,81 yuan per kilogram, turun 1,1 persen secara mingguan dan naik 6,4 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Rata-rata harga grosir 19 jenis sayuran utama dan enam jenis buah utama yang dilacak oleh pemerintah turun tipis 0,9 persen dari pekan sebelumnya, ungkap pihak kementerian.

Indeks harga grosir itu disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari 200 lebih pasar grosir pertanian. Data tersebut diperbarui setiap hari berdasarkan indeks rata-rata harga tertimbang untuk barang-barang termasuk sayuran, buah-buahan, produk akuatik, dan produk ternak.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022