Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menggelar acara UI Open Days yang diadakan secara daring (online) hasil kerja sama antara Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik (Humas dan KIP) dengan seluruh humas di fakultas, vokasi, serta sekolah pascasarjana untuk sosialisasi proses penerimaan mahasiswa baru.

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati dalam keterangannya, Kamis mengatakan bahwa UI Open Days bertujuan untuk menyampaikan informasi sistem penerimaan mahasiswa baru dan sistem perkuliahan di UI bagi calon mahasiswa baru.

"Kehadiran UI Open Days dilatarbelakangi keinginan untuk membuka komunikasi antara mereka yang ingin bergabung menjadi bagian dari keluarga besar sivitas akademika UI agar memperoleh informasi langsung dari fakultas yang diimpikan," kata Agustin.

Agustin menjelaskan saat ini, sedang berjalan proses pendaftaran SIMAK UI hingga 27 Juni 2022. Ujian SIMAK untuk S1 Kelas Internasional dilaksanakan pada 30 Juni, sedangkan untuk program Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel diadakan pada 2–4 Juli.

Baca juga: FIB UI buka kelas pararel enam program studi

Baca juga: BEM UI kritisi persoalan polusi udara di DKI Jakarta


Hasil seleksi SIMAK UI diumumkan pada 14 Juli 2022 dengan total kuota penerimaan 45 persen.

Adapun kuota pada masing-masing program pendidikan: D3 Vokasi (9 prodi/270 mahasiswa), D4 Vokasi (6 prodi/180 mahasiswa), S1 Reguler (64 prodi/2.786 mahasiswa), S1 Paralel (44 prodi/815 mahasiswa), dan S1 Kelas Internasional (26 prodi/421 mahasiswa).

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) membuka penerimaan mahasiswa melalui beberapa jalur, antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk (SIMAK) UI, Talent Scouting, Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), dan Jalur Prestasi.

Beberapa seleksi telah dilakukan dan UI telah menerima mahasiswa baru yang akan aktif pada tahun akademik 2022/2023. Adapun untuk jalur SBMPTN, pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada 23 Juni, sedangkan jalur Prestasi diumumkan pada 24 Juni 2022.*

Baca juga: 26 mahasiswa vokasi UI kuliah di kampus top dunia

Baca juga: Akademisi UI : G20 Indonesia momentum ciptakan perdamaian dunia

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022