Jakarta (ANTARA) - Informasi terkait Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia yang menguat dalam sepekan terakhir menjadi salah satu berita terpopuler dalam kanal ekonomi Antaranews.com pada Jumat (24/6). IHSG tercatat menguat sebesar 1,5 persen ke level 7.042,94 dari sebelumnya 6.936,96 saat penutupan bursa pekan lalu.

Selain itu, berita mengenai langkah revitalisasi pabrik gula milik perusahaan pelat merah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk dijalankan guna meningkatkan produksi gula di dalam negeri.

Kemudian, informasi tentang program reforma agraria yang sekarang dijalankan oleh pemerintah berfokus kepada distribusi lahan petani demi meningkatkan produksi pangan juga menarik untuk dibaca pada akhir pekan ini.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


1. IHSG menguat jelang akhir pekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) jelang akhir pekan menguat di tengah aksi jual investor asing.

IHSG ditutup menguat 44,67 poin atau 0,64 persen ke posisi 7.042,94. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 5,77 poin atau 0,57 persen ke posisi 1.018,99.

Baca selengkapnya di sini.


2. Revitalisasi pabrik gula milik BUMN

Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Fatchuddin Rosyidi mengatakan saat ini semua pabrik gula milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus direvitalisasi karena semua masih teknologi zaman penjajahan Belanda.

Kegiatan revitalisasi pabrik, terutama teknologinya, diharapkan bisa meningkatkan rendemen dan produksi gula dalam negeri.

Baca selengkapnya di sini.


3. Bank Dunia dukungan keuangan Indonesia

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia pada tanggal 17 Juni 2022 telah menyetujui dukungan keuangan terbaru kepada Pemerintah Indonesia senilai 750 juta dolar AS.

Dukungan tersebut diberikan untuk meningkatkan pendapatan pajak, memperkuat sistem perpajakan menjadi lebih merata, serta memperkuat kelembagaan dalam melakukan perencanaan dan belanja pembangunan yang lebih efisien.

Baca selengkapnya di sini.


4. Astra tawarkan layanan 'fintech'

Astra Financial kembali menyiapkan layanan fintech sebagai sarana untuk memberikan pembiayaan yang mudah dan aman pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2O22.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan pihaknya menunjukkan komitmen untuk mendukung industri otomotif di Indonesia dengan kembali menjadi sponsor utama GIIAS untuk keempat kalinya, yaitu tahun 2018, 2019, kemudian 2021.

Baca selengkapnya di sini.


5. Reforma agraria fokus distribusi lahan pangan petani

Kebijakan program reforma agraria yang sedang dijalankan oleh pemerintah pada saat ini mesti betul-betul fokus untuk melakukan distribusi lahan pangan terutama dalam membantu kinerja petani rakyat di berbagai daerah dalam menggarap lahan mereka.

Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan Said Abdullah mengatakan salah satu instrumen penting untuk meningkatkan produksi pangan adalah dukungan bagi petani skala kecil, yang antara lain berupa akses terhadap lahan.

Baca selengkapnya di sini.

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022