Jakarta (ANTARA) - Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki fitur istimewa untuk memudahkan pengguna memotret berbagai objek dalam kondisi pencahayaan rendah (low light) yang disebut nightography, termasuk saat digunakan untuk memotret mobil.

Baca juga: Samsung nampaknya tidak akan merilis Galaxy S22 FE

"Fitur nightography membuat pengguna bisa merekam foto dan video dengan jernih, minim noise, serta tajam, di kondisi cahaya rendah. Sehingga hasil foto dan videonya bak profesional,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia dalam siaran pers pada Senin.

Menurut Verry, hal tersebut dilakukan lewat perpaduan 2.4μm pixel sensor, kamera 108 MP, teknologi Nona-Binning, prosesor Snapdragon 8 gen 1 (4 Nm), hingga image signal processor (ISP) berbasis AI.

"Dalam cahaya redup, misalnya, lensa Galaxy S22 Ultra 5G otomatis beralih dari lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP. Atau, menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan,” ungkap Verry.

Baca juga: Cerita pembuatan "Seperti Sediakala" pakai Galaxy S22 Ultra 5G

Selain itu, Algoritma AI yang cerdas mampu menganalisis tiap frame dan menciptakan detail dan warna yang lebih jernih dengan menyerap cahaya yang ditangkap dari kamera. Fitur-fitur Galaxy S22 Ultra 5G tersebut berguna saat memotret mobil di sore hari menjelang malam. Saat itu matahari sudah terbenam dan pencahayaan hanya mengandalkan lampu sorot.

Tantangannya, tentu saja bagaimana mendapatkan foto agar tetap jernih, tidak noise, serta fokus di kondisi pencahayaan rendah itu. Berikut beberapa fitur Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa digunakan untuk memotret mobil berserta model di kondisi low light:

1. Matikan flash

Flash memang bisa membantu mendapatkan sumber cahaya lebih untuk menciptakan foto atau video yang lebih terang di kondisi low light. Namun, untuk mendapatkan cahaya maksimal dan lebih natural, pengguna Galaxy S22 Series 5G hanya perlu mengandalkan fitur nightography yang akan memastikan bahwa foto dan video yang ditangkap di malam hari tampil begitu terang dan epic.

2. Night Mode

Cara termudah untuk memotret mobil menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G adalah menggunakan Night Mode. Dengan mode ini, pengguna bisa menangkap keindahan lampu yang menerpa mobil, termasuk ekspresi model dengan jernih dan hasilnya tampak lebih profesional.

Ini berkat teknologi 12-bit HDR, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mengumpulkan data warna 64 kali lebih banyak. Sehingga foto dan video terlihat lebih vivid, bahkan di kondisi backlight sekalipun.

Baca juga: Kamera Galaxy Z Fold 4 bakal saingi S22 UltraBaca juga: Kamera Galaxy Z Fold 4 bakal saingi S22 Ultra

3. Mode Portrait

Hasil foto Portrait di Galaxy S22 Ultra 5G memang mengejutkan. Ponsel tersebut mampu menangkap gambar detail, sambil tetap mempertahankan warna, fokus, serta menghilangkan noise dengan optimal. Jadi, pengguna bisa lebih bebas memilih angle serta ekspresi model terbaik. Tidak pusing dengan berbagai penyetelan di kamera.

Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map. Gunanya untuk menampilkan subyek lebih baik dengan bokeh mumpuni, serta detail-detail terkecil yang tajam dan jernih dibantu oleh algoritma AI.

Risiko memotret dalam kondisi cahaya minim hanya dua: foto tidak fokus dan noise (bintik atau butiran warna yang mengganggu). Dua hal tersebut seolah tidak terasa saat memakai mode Portrait di Galaxy S22 Ultra 5G.

4. Manfaatkan Lensa Wide, Tele, Hingga Zoom

Pengguna Galaxy S22 Ultra 5G memiliki keleluasaan untuk memotret dari banyak angle memanfaatkan kamera utama 108 MP, ultra-wide 12 MP, atau dua kamera tele 10 MP yang powerful.

Terkadang hasil foto dramatis muncul tidak sengaja. Manfaatkan juga kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa menghasilkan 3 kali hingga 10 kali optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto.

Bahkan, teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100 kali dengan kualitas gambar yang tetap baik. Tipsnya, ambil foto sebanyak mungkin, manfaatkan momen yang tidak terulang.

5. Pro Mode

Jika punya banyak waktu, silahkan bereksperimen menggunakan Pro Mode di Galaxy S22 Ultra 5G. Atur bukaan, ISO, hingga kecepatan shutter sesuai keinginan. Ingin gambar yang lebih terang dan detail, atau sedikit gelap namun dramatis.

Sesuaikan juga white balance kamera untuk membuat foto lebih hangat atau malah sejuk. Bahkan, jika perlu, atur fokus kamera secara manual.


Baca juga: Samsung akan jual Galaxy A dan M tanpa charger?

Baca juga: Tips membuat webseries bermodal ponsel

Baca juga: Galaxy Z Fold 4 digadang- gadang akan adopsi kamera dari Galaxy S22

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022