Jakarta (ANTARA) - China memulai pembangunan 120 proyek jalan tol serta jalan raya nasional dan provinsi dengan momentum yang baik, dalam lima bulan pertama 2022, dengan total panjang lebih dari 3.600 kilometer, kata seorang pejabat pada Senin (27/6).

Total investasi dalam proyek-proyek tersebut mencapai 182 miliar yuan (1 yuan = Rp2.217) atau sekitar 27 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.846), kata Zhao Chongjiu, Wakil Menteri Transportasi China, seraya menambahkan bahwa pembangunan jalan raya nasional mempertahankan momentum yang baik.

Pada akhir Mei, ada lebih dari 2.000 proyek konstruksi dan rekonstruksi jalan tol dan jalan raya yang tengah berlangsung, menciptakan lebih dari 4 juta lapangan kerja bagi para pekerja pedesaan, kata Zhao.

Dengan implementasi kebijakan-kebijakan untuk menstabilkan ekonomi, China akan meningkatkan pembangunan jalan raya utama di paruh kedua tahun ini sebagai bagian dari upaya untuk menggenjot investasi serta menstabilkan pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan, ujarnya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022