Jakarta (ANTARA) - Jumlah perusahaan swasta di China meningkat empat kali lipat dalam satu dekade terakhir di tengah upaya untuk mengoptimalkan lingkungan bisnis, demikian disampaikan badan perencana ekonomi tertinggi negara itu pada Selasa (28/6).

Jumlah perusahaan swasta China melonjak dari 10,85 juta pada 2012 menjadi 44,57 juta tahun lalu, kata Su Wei, Wakil Sekretaris Jenderal Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, dalam sebuah konferensi pers.

Su mengaitkan ekspansi perusahaan swasta itu dengan lingkungan bisnis yang lebih baik untuk sektor nonpublik, karena selama satu dekade ini China giat mendorong pengembangan berbagai entitas ekonomi.

China telah lama menaruh perhatian besar pada ekonomi swasta, mendorongnya agar memainkan peran yang lebih besar dalam menstabilkan pertumbuhan dan lapangan kerja, serta mempromosikan penyesuaian struktural dan inovasi.

Sektor swasta menyumbang lebih dari 50 persen pendapatan pajak, lebih dari 60 persen produk domestik bruto (PDB), dan lebih dari 70 persen inovasi teknologi. Sektor ini juga menyediakan lebih dari 80 persen lapangan kerja perkotaan dan menyumbang lebih dari 90 persen entitas pasar di China.

Menyoroti pengembangan entitas pasar berkualitas tinggi sebagai salah satu tujuan reformasi di masa depan, Su mengatakan China akan meningkatkan reformasi struktural perusahaan swasta, mendukung dan memandu pengembangan modal yang diatur dengan baik dan sehat, serta membina sejumlah perusahaan kelas dunia.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022