Gianyar, Bali (ANTARA) - Destinasi wisata Ubud, di kabupaten Gianyar, Bali, terpilih sebagai destinasi wisata ternyaman se dunia, urutan ke enam bagi pelancong perorangan, berdasarkan laporan Forbes Advisor UK.

"Dari hasil analisis terhadap 40 kota di seluruh dunia tersebut, Ubud terpilih sebagai kota destinasi internasional terbaik keenam bagi pelancong perorangan, berdasarkan laporan Forbes Advisor," kata Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati , Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud, di Gianyar, Kamis.

Dalam laporannya baru-baru ini, Forbes Advisor UK melakukan pemeringkatan terhadap kota-kota yang menjadi destinasi internasional terbaik bagi pelancong perorangan (solo travellers). Pemeringkatan itu dilakukan oleh tiga pakar wisatawan perorangan yakni Adventurous Kate, Vicky Flip Flop Travels, dan Global Grasshopper.

Forbes Advisor UK menemukan aspek penting dari perjalanan perorangan yang sukses dan menggunakan informasi ini untuk menentukan 12 metrik pemeringkatan, termasuk jumlah hostel, tingkat kejahatan lokal, dan rata-rata biaya makan.

”Kami meyakini bahwa kerja sama antara Yayasan Bina Wisata Ubud dan Gojek menjadi salah satu faktor penting yang mendorong Ubud berada dalam posisi tersebut." kata Tjok Tra, panggilan akrab Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati , Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud.

“Kerja sama yang telah dilakukan selama ini, dimana uji coba telah dilakukan sejak Desember 2021, selain untuk membuka lapangan pekerjaan baru, yang tidak kalah penting adalah menyediakan sebuah layanan transportasi berbasis teknologi yang mengedepankan berbagai kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan dalam bermobilisasi baik di dalam maupun di luar kawasan Ubud,” kata Tjok Tra.

Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama ini dan berharap kerja sama tersebut dapat senantiasa dikembangkan untuk terus memajukan Ubud sebagai primadona pariwisata nasional dan internasional.

Sementara itu, Head of Indonesia Regional Gojek, Gede Manggala,  menyatakan sangat senang dan bangga membaca laporan yang menyatakan bahwa Ubud terpilih sebagai kota destinasi internasional terbaik keenam bagi pelancong perorangan.

Hal ini tentunya menjadi pencapaian yang besar karena parameter yang digunakan dalam pemeringkatan ini pastinya sangat ketat, terlebih dilakukan di kota-kota destinasi para pelancong di seluruh dunia. Yang jelas, prestasi ini dapat terwujud berkat kerjasama semua pihak, baik itu Pemerintah, semua elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan, kata Gede Manggala. 

Baca juga: Peserta G20 bisa melepas lelah di berbagai wisata di Ubud

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022