Pasti ada (pengawalan). Kita akan berikan itu
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya memberikan pengawalan terhadap iring-iringan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dari rumah duka hingga ke pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Jumat, mengatakan pengawalan itu diberikan untuk memastikan keamanan hingga proses pemakaman berlangsung.

"Pasti ada (pengawalan). Kita akan berikan itu, dari keberangkatan jenazah dari Rumah Sakit ke Widya Candra (rumah dinas) sampai ke TMP, secara lebih aman," kata Zulpan.

Zulpan menambahkan, personel kepolisian saat ini telah dikerahkan di sepanjang jalan yang akan dilalui iring-iringan jenazah Tjahjo Kumolo.

Baca juga: Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meninggal dunia

"Untuk polisi tentunya akan memberikan pengamanan pengawalan terhadap jenazah dan iring-iringannya termasuk juga ditempat penguburan di TMP. Anggota sudah cukup paham, sudah kita gelar di sepanjang jalur," ujar Zulpan.

Namun Zulpan tidak memberikan informasi mengenai jumlah personel yang dikerahkan dalam pengamanan iring-iringan jenazah Tjahjo Kumolo.

Zulpan menyebut pihaknya hanya memberikan pengamanan dari lapis kedua.

Dia juga memastikan tidak akan ada penutupan arus lalu lintas di sekitar TMP Kalibata saat proses pemakaman berlangsung.

Baca juga: Jenazah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tiba di rumah dinas

"Enggaklah (penutupan arus lalu lintas), karena cuma itu saja," kata Zulpan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pukul 11.10 WIB, Jumat.

Kabar itu dikonfirmasi Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.

Tjahjo meninggal usai menjalani perawatan intensif karena sakit di RS Abdi Waluyo sejak pertengahan Juni 2022.

Baca juga: Tjahjo Kumolo dan ketenangannya yang abadi dalam kenangan

Jenazah Tjahjo telah dibawa ke rumah duka di Kompleks Rumah Dinas para menteri Widya Chandra, kemudian akan dimakamkan di TMP Kalibata sore nanti.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022