Jakarta (ANTARA) - Dua kereta kargo yang memuat sejumlah barang berangkat pada Kamis (30/6) dari Kota Chongqing dan Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan di China barat daya, menuju Duisburg di Jerman dan Lodz di Polandia.

Perjalanan itu menandai jumlah kereta kargo China-Eropa yang ditangani oleh kedua kota telah mencapai 20.000 perjalanan sejak Chongqing dan Chengdu meluncurkan layanan tersebut masing-masing pada Maret 2011 dan April 2013, menurut otoritas setempat.

Lebih dari 1.000 jenis barang, yang meliputi peralatan elektronik, mesin, mobil, suku cadang mobil, serta obat-obatan dan peralatan medis, telah diangkut melalui layanan tersebut.

Pada 2021 saja, Chongqing dan Chengdu menangani lebih dari 4.800 perjalanan kereta kargo China-Eropa, yang mencakup 30 persen dari total nasional, dengan barang-barang yang diangkut bernilai lebih dari 200 miliar yuan (1 yuan = Rp2.295).

Chongqing dan Chengdu termasuk dalam kota paling awal di China yang memulai layanan kereta kargo China-Eropa. Sebagai langkah signifikan dalam membangun lingkaran ekonomi Chengdu-Chongqing, kedua kota itu telah bekerja sama sejak 2021 untuk meningkatkan layanan.

Lingkaran ekonomi Chengdu-Chongqing adalah salah satu strategi pembangunan regional penting selain wilayah Beijing-Tianjin-Hebei, Delta Sungai Yangtze, dan Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022