Untuk di Papua, khususnya di Kota Jayapura stok darah selalu kesusahan apalagi di daerah-daerah sehingga kami akan berupaya bagaimana cara agar masyarakat ini mau donor darah
Jayapura (ANTARA) -
Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua akan terus berupaya menggencrkan sosialisasi pentingnya donor darah bagi warga di wilayah berjuluk "Bumi Cenderawasih" itu.
 
Ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Papua Yulce Enembe di Jayapura, Jumat, mengatakan hingga kini kebutuhan darah di Papua masih sangat kurang padahal banyak manfaat yang di dapat dari donor darah.
 
“Untuk di Papua, khususnya di Kota Jayapura stok darah selalu kesusahan apalagi di daerah-daerah sehingga kami akan berupaya bagaimana cara agar masyarakat ini mau donor darah," katanya.
 
Menurut dia berdasarkan penelitian membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin yang mana dengan jarak minimal tiga bulan.
 
"Para pendonor akan menjaga kesehatan jantung, lalu meningkat produksi sel darah merah kemudian dapat mendeteksi penyakit serius serta hidup sehat lebih lama," kata Yulce Enembe .
 
Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PB PMI) HM Jusuf Kalla melantik Dewan Kehormatan PMI Papua periode 2022-2027 bertempat di Gedung Negara, Rabu( 29/6) 2022.
 
Dalam arahannya, Jusuf Kalla mendorong agar PMI Papua terus bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dan pihak lainnya dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat serta dalam rangka menjalankan mandat dan fungsi PMI di bidang kemanusiaan.


Baca juga: Dewan kehormatan dan pengurus PMI Provinsi Papua dilantik Jusuf Kalla

Baca juga: JK siap menjadi mediator dialog pemerintah dengan rakyat Papua

Baca juga: PMI Papua berikan promkes untuk pengungsi banjir bandang Sentani

Baca juga: Upaya cegah COVID-19, PMI Papua sebar ribuan masker pada warga

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022