FTI Unsera beri pelatihan komputer kepada pekerja di Banten

FTI Unsera beri pelatihan komputer kepada pekerja di Banten

Sejumlah pekerja yang tergabung dalam organisasi buruh di Provinsi Banten mengikuti program pelatihan komputer yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Serang Raya (Unsera). (Azmi)

Tangerang (ANTARA) - Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Serang Raya (Unsera) memberikan pelatihan komputer dan teknologi informasi kepada pekerja yang tergabung dalam organisasi buruh di Provinsi Banten.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknologi Informasi Unsera dan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP KEP SPSI) Provinsi Banten yang didanai oleh Kemendikbudristek tahun anggaran 2022," kata Ketua Koordinator Kegiatan Harsiti melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Minggu.

Ia mengatakan, pelatihan komputer yang diberikan kepada para pekerja ini dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan teknik pada optimalisasi sistem aplikasi/teknologi yang saat ini sudah diterapkan di semua perkantoran.

"Untuk materi yang dipelajari yaitu Microsoft Office meliputi Ms Word, Ms Excell, dan Ms Powerpoint," katanya.

Baca juga: PIP berikan pelatihan dan pendampingan demi kemajuan usaha ultramikro

Ia menjelaskan, dalam peningkatan kompetensi ini juga ada beberapa kegiatan lainnya yaitu workshop lanjutan dengan materi yang berbeda dan program pendampingan kepada para pekerja di masing-masing pengurus cabang yang ada di Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Ia menyebutkan, pelatihan yang diikuti sebanyak 30 pekerja dari wilayah Cilegon dan Tangerang tersebut merupakan pelatihan lanjutan dari yang pertama dilakukan di Kantor PC FSP KEP SPSI Kota Cilegon terkait dengan Pengantar Teknologi Informasi, Pengenalan Hardware/Software, dan Dasar-dasar Trouble Shooting.

"Nanti kita lanjut lagi ke kota masing-masing untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan pada pelatihan di kampus itu benar-benar sudah diimplementasikan di masing-masing pengurus cabang atau tidak," ujar dia.

Baca juga: Pemprov Jateng beri pelatihan kuliner mustahik kurangi kemiskinan

Sementara, Wakil Dekan FTI Unsera Sumiati menambahkan bahwa kegiatan optimalisasi aplikasi perkantoran sebagai salah satu implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dan diharapkan kegiatan ini bermanfaat serta berkelanjutan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di lingkungan FSP KEP SPSI di Provinsi Banten.

"Kami harapkan kegiatan ini bermanfaat serta berkelanjutan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Banten," tutur dia.

Sementara itu, Ketua PDFSP KEP SPSI Provinsi Banten Afif Johan menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan pekerja khususnya di bawah naungannya dalam menghadapi tantangan globalisasi dan digitalisasi yang terus berkembang seperti saat ini.

"Saya berharap kepada pekerja yang mengikuti kegiatan ini untuk benar-benar fokus dan konsisten dalam mengikuti kegiatan ini sampai akhir," katanya.

Baca juga: KKP latih 600 nelayan dukung program prioritas kelautan nasional

Ia menambahkan, dengan adanya kerja sama antara Unsera dan FSP KEP SPSI ini, pihaknya berkomitmen untuk memperluas dan membuka kesempatan kepada mahasiswa di kampus tersebut apabila ingin kerja praktik lingkup organisasinya yang memiliki kurang lebih 92 pimpinan unit di tingkat perusahaan yang tersebar di Provinsi Banten.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar