Untuk perkembangan tingkat kesembuhan yang ada saat ini 42 persen, itu dari total 2.050 ekor ternak terpapar PMK
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyebutkan tingkat kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu mencapai 42 persen atau sebanyak 861 ekor dari total ternak terdampak PMK sebanyak 2.050 ekor.

"Untuk perkembangan tingkat kesembuhan yang ada saat ini 42 persen, itu dari total 2.050 ekor ternak terpapar PMK," kata Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar di Tangerang, Senin,

Ia mengatakan secara keseluruhan kasus PMK yang saat ini terjadi di Provinsi Banten telah tersebar di tujuh wilayah kabupaten/kota. Namun dibandingkan dengan total seluruh jumlah populasi hewan ternak di Indonesia sebesar 1.206.793 ekor itu, penularan PMK masih terbilang kecil.

Baca juga: BNPB minta pemerintah daerah mewaspadai penularan PMK di Banten

"Jadi masyarakat tidak perlu panik berlebih, karena berdasarkan data analisis hewan tidak berefek kepada manusia asal tentu daging hewan diolah dengan baik dan benar," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, dari total kasus yang tersebar di delapan wilayah kabupaten/kota yang ada di Banten, peningkatan PMK tertinggi terjadi di wilayah Kota Tangerang yang mencapai kurang lebih 800 kasus.

"Sesuai data Kota Tangerang cukup tinggi untuk kasus PMK, yang mana hari ini ada 800 kasus PMK. Karena memang khususnya di kota Tangerang sendiri itu biasanya berkembang dari sapi yang dagang," tuturnya.

Baca juga: Cegah PMK, ternak masuk Kota Tangerang dibatasi maksimal 26 Juni 2022

Ia menambahkan terkait penanganan PMK, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat telah mendistribusikan 1.100 dosis vaksin ke lima daerah prioritas sebagai langkah dalam penanganan dan penanggulangan terkait dengan dampak kesehatan dan ekonomi dari penyebaran virus PMK.

"Nanti kita akan terima vaksin lanjutnya khusus untuk ternak kita yang diprioritaskan adalah sapi perah dan sapi-sapi yang dalam keadaan baik. Sehingga nanti tidak menular ke hewan lain dan mudah-mudahan bisa sembuh," kata dia.

Baca juga: Hasil klinis, lima hewan ternak di Tangerang positif PMK

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022