Diharapkan dapat memudahkan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Samsat Jakarta Timur mulai menghadirkan inovasi layanan berupa pelayanan satu hari (one day service) untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraannya.

Kanit Samsat Jakarta Timur, AKP Yuli Wrestiyarini di Jakarta, Selasa, mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan pihaknya di antaranya program "One Day Service" atau pelayanan satu hari untuk pengurusan kendaraan baru.

"Diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan kepemilikan kendaraan bermotor," kata Yuli.

Yuli menambahkan, program tersebut juga diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari praktik calo atau pungutan liar (pungli) yang menjadi momok bagi orang yang datang sendiri mengurus kendaraan bermotor di Samsat Jakarta Timur.

Baca juga: Ombudsman pernah temukan dugaan pungli di Samsat Jaktim

Yuli mengatakan pihaknya juga melakukan patroli rutin di sekitar Samsat Jakarta Timur untuk mengusir dan menangkap calo yang meresahkan wajib pajak.

"Supaya wajib pajak melakukan pengurusan surat STNK kendaraan bermotor sendiri dan langsung ke loket tanpa berurusan dengan calo sehingga diharapkan wajib pajak tidak dirugikan dengan biaya yang di luar pajak," ujar Yuli.

Tak hanya itu, pihaknya juga meluncurkan aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) agar wajib pajak tidak perlu repot untuk datang ke lokasi.

"Karena dalam aplikasinya, ada pilihan untuk menggunakan pengiriman POS Indonesia. Sehingga tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran (TBPKP) dapat dikirim ke alamat wajib pajak sesuai alamat yang tertera di STNK," kata Yuli.

Baca juga: Samsat Jakarta Timur tegas terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022