Abuja, Nigeria (ANTARA) - Sekretaris jenderal kelompok produsen minyak OPEC, Mohammad Barkindo, telah meninggal, bos perusahaan minyak Nigerian National Petroleum Corp (NNPC) mengumumkan pada Rabu.

Barkindo, 63, akan mengundurkan diri pada akhir bulan ini setelah enam tahun menduduki jabatan puncak di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

"Kami kehilangan Dr Muhammad Sanusi Barkindo kami yang terhormat," CEO NNPC Mele Kyari menulis di Twitter, menambahkan bahwa dia meninggal pada Selasa (5/7/2022) malam.

Kematian itu merupakan "kehilangan besar bagi keluarga dekatnya, NNPC, negara kita Nigeria, OPEC dan komunitas energi global," tambah Kyari.

Kyari mengatakan Barkindo meninggal beberapa jam setelah bertemu dengan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dan memberikan pidato utama pada pertemuan puncak energi di Abuja.

Barkindo mengatakan industri minyak dan gas "di bawah pengepungan" karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun dan mengizinkan perdagangan minyak dari Iran dan Venezuela dapat membantu mengatasi pasokan pasar yang ketat saat ini.

Karir Barkindo di industri minyak dimulai di Nigeria pada awal 1980-an. Dia menjabat dalam berbagai kapasitas di NNPC dan mewakili Nigeria di Dewan Komisi Ekonomi OPEC.

Dia menjabat sebagai penjabat sekretaris jenderal OPEC pada tahun 2006 sebelum kembali ke posisi 10 tahun kemudian dan telah memimpin organisasi melalui periode pasar minyak yang bergejolak termasuk mengarahkannya ke arah kerja sama yang lebih besar dengan produsen minyak non-OPEC.

Setelah meninggalkan OPEC, Barkindo akan bergabung dengan lembaga pemikir AS Pusat Energi Global Dewan Atlantik sebagai anggota kehormatan, Dewan baru-baru ini mengumumkan.

Baca juga: Harga minyak naik tipis di tengah kekhawatiran pasokan OPEC yang ketat

Baca juga: Minyak anjlok di tengah ketidakpastian produksi OPEC+, khawatir resesi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022