Strategi tersebut dilakukan dalam menghadapi peluang dan tantangan yang ada untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi, terciptanya lapangan kerja, dan terbukanya peluang usaha
Depok (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengajak semua pihak untuk berperan dalam pemulihan ekonomi nasional yang tepat waktu, tepat manfaat, dan tepat sasaran.

Pernyataan tersebut dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno pada webinar berjudul “Inovasi Digitalisasi Ekosistem Sektor UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis.

Sandiaga Uno mengatakan kampus menjadi salah satu unsur Pentahelix untuk mendukung ekosistem sektor UMKM dan pariwisata daerah pascapandemi, yang menerapkan inovasi adaptasi dan kolaborasi melalui strategi 3G, yaitu Gercep, Geber, dan Gaspol.

"Strategi tersebut dilakukan dalam menghadapi peluang dan tantangan yang ada untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi, terciptanya lapangan kerja, dan terbukanya peluang usaha,” kata Menparekraf.

Baca juga: Sandiaga ajak UMKM terus berkolaborasi percepat pemulihan ekonomi

Sementara itu Rektor UI Prof Ari Kuncoro mengatakan dalam sambutannya bahwa webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan webinar series UI dengan mitra-mitra industri yang diprakarsai oleh Direktorat Kerja Sama, sebagai upaya UI mewujudkan konsep kerja sama Pentahelix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat.

Menurut Prof Ari, webinar ini terselenggara untuk mendiskusikan kebijakan strategi digitalisasi ekosistem UMKM dan pariwisata oleh pemerintah pusat dan contoh kasus implementasinya oleh para kepala daerah.

Baca juga: Menparekraf ajak mahasiswa jadi agen bangkitkan sektor ekraf Indonesia

Ia menyampaikan webinar ini dihadiri oleh lebih dari 500 peserta yang tidak hanya dihadiri oleh sivitas akademika, namun diikuti oleh para pengambil kebijakan serta ASN di pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pelaku UMKM, juga media massa.

Berkaitan dengan pengembangan ekonomi, pembangunan daerah, dan sektor UMKM, Prof Ari menyampaikan bahwa UI memiliki unit kerja khusus pelayanan dan pengabdian masyarakat di bawah rumpun ilmu sosial humaniora, serta peneliti-peneliti yang terlibat dalam penyusunan kebijakan publik.

Selain itu pengembangan inovasi dalam membangun ekosistem digitalisasi UMKM juga sudah dikembangkan oleh periset-periset UI.

Baca juga: Sri Mulyani minta UI berkontribusi pulihkan krisis dunia lewat G20

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022