Sumatera Selatan (ANTARA) - Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) IV 2021 Sumatera Selatan 2022 resmi ditutup di Venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis malam.

Penutupan Fornas VI ditandai pelepasan busur panah ke papan sasaran oleh Gubernur Sumatera Selatan dan disaksikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Samsudin dan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman disambut kemeriahan kembang api.

"Dengan ini saya menyatakan Fornas VI 2021 Sumatera Selatan 2022 secara resmi ditutup," Gubernur Herman Deru.

Dalam kesempatan itu Herman Deru mengatakan, Sumatera Selatan merasa sangat terhormat telah diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah Fornas VI oleh KORMI di bawah binaan Kemenpora.

Semua rangkaian kegiatan itu terpusat di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir, sejak Jumat (1/7) hingga Kamis (7/7) itu, merupakan buah kesuksesan atas kerja gotong-royong antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat se-Indonesia.

Baca juga: Tari kreasi Nusantara meriahkan pembukaan Fornas VI Sumatera Selatan

Bahkan dari situ pula, lanjutnya, Fornas VI Sumatera Selayan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memiliki jumlah kepesertaan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan event olahraga masyarakat yakni mencapai 12.141 orang.

"Atas nama masyarakat Sumatera Selatan saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf bila terdapat kekurangan dalam segala hal. Tentunya Fornas VI menjadi kegembiraan yang tidak pernah sirna bagi kita semua yang terlibat," kata dia.
 
Gubenur Sumatera Selatan Herman Deru didampingi Ketua KORMI Sumatera Selatan Samantha Tivani memberikan plakat penghargaan kepada para LPDUK Kemenpora dan 14 pimpinan perusahaan BUMN, BUMD termasuk swasta multinasional lainnya yang mendukung Fornas VI 2021 Sumatera Selatan 2022 dalam penitupan acara di Venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (7/7/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sementara ITU Staf Ahli Menpora Samsudin mengatakan, Fornas VI diharapkan menjadi awal kebangkitan masyarakat Indonesia yang sehat, bugar dan produktif..

Sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting.

"Oleh karena itu tentu Fornas VI memiliki makna yang luar biasa yang kini sudah naik level dan sangat keren dengan jumlah 12 ribu peserta itu menjadi acuan untuk penyelenggaraan Fornas selanjutnya," kata dia.

Baca juga: Menpora RI dukung penuh Fornas VI 2022 Sumatera Selatan

Ia memastikan, pemerintah selalu berusaha secara maksimal untuk mendukung penyelenggaraan Fornas yang memiliki kemanfaatan luar biasa dalam bagian kebugaran masyarakat itu sendiri.

"Selamat dan terima kasih semoga Fornas VII Jawa Barat dan seterusnya nanti akan lebih keren dan membanggakan," kata dia.

Diketahui sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.

Fornas VI ini mempertandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 olahraga eksibisi sehingga total menjadi 64 olahraga.

Perhelatan kali ini menjadi catatan tersendiri karena untuk kali pertama diikuti oleh seluruh provinsi di Tanah Air dan dari sisi induk olahraga lebih banyak dua kali lipat dibandingkan ajang sebelumnya di Samarinda, Kalimantan Timur pada 2019.

Baca juga: LPDUK Kemenpora kelola dana komersial Fornas VI Sumatera Selatan

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022