Jakarta (ANTARA) - Ceko pada masa keketuaannya di Uni Eropa (EU) akan fokus untuk mengelola dampak dari konflik antara Rusia dan Ukraina.

Di bawah slogan "Eropa sebagai tugas", lima prioritas Kepresidenan atau Keketuaan Ceko di EU adalah mengelola krisis pengungsi dan pemulihan Ukraina pascaperang, ketahanan energi, memperkuat kemampuan pertahanan dan keamanan siber Eropa, ketahanan strategis ekonomi Eropa, serta ketahanan institusi demokrasi.

Sementara itu, Kementerian Pangan dan Kebijakan Agraria Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (6/7) bahwa panen gandum negaranya diproyeksikan mencapai 60 juta ton pada tahun ini.

Wakil Menteri Pertanian Ukraina Markiyan Dmytrasevych mengatakan negaranya akan harus mengekspor antara 30 hingga 40 juta ton gandum hasil panen tahun ini agar dapat mengosongkan fasilitas penyimpanannya.

Pejabat itu mengatakan bahwa hingga akhir Oktober, Ukraina akan kekurangan kapasitas untuk menyimpan 10-15 juta ton gandum akibat konflik Rusia-Ukraina yang merusak infrastruktur penyimpanannya dan memblokir ekspor melalui Laut Hitam.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022