Vancouver (ANTARA) - Pemerintah Kanada pada Kamis (7/7) menyampaikan keprihatinan tentang iklim investasi di sektor energi dan pertambangan Meksiko.

Kanada juga menyatakan prihatin tentang sikap negara Amerika Latin itu untuk persetujuan bioteknologi.

Pada perundingan perdagangan Amerika Utara di Vancouver, Menteri Perdagangan Kanada Mary Ng bertemu dengan Menteri Ekonomi Meksiko Tatiana Clouthier.

Kedua menteri menegaskan kembali komitmen bersama mereka untuk mempromosikan perdagangan dan daya saing kawasan, kata pemerintah Kanada.

Kedua menteri juga membahas pembentukan "Dialog Ekonomi Tingkat Tinggi Kanada-Meksiko" untuk membentuk forum baru guna meningkatkan kerja sama dan daya saing, kata pihak Kanada.

Namun, Pemerintah Kanada dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Ng menegaskan kembali keprihatinan Kanada "dengan iklim investasi di Meksiko, terutama di sektor pertambangan dan energi," serta dengan "pendekatan Meksiko untuk persetujuan bioteknologi."

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, yang adalah seorang nasionalis sayap kiri, telah memperketat kontrol negara atas energi dan industri pertambangan.

Kebijakan Obrador itu menyebabkan gesekan dengan beberapa mitra dagang dan investor bisnis utama Meksiko.

Sumber: Reuters
Baca juga: Dua warga Kanada tewas tertembak di resor Karibia Meksiko
Baca juga: AS akan bagi 4 juta dosis vaksin AstraZeneca dengan Meksiko, Kanada
Baca juga: AS perluas pembatasan perjalanan di perbatasan Kanada, Meksiko

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022