Penguatan rupiah karena kemarin publikasi data cadangan devisa yang lebih baik, yang ternyata mengalami kenaikan di tengah tingginya volatilitas pasar
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta jelang akhir pekan ditutup menguat, ditopang kenaikan cadangan devisa Indonesia.

Rupiah ditutup menguat 23 poin atau 0,15 persen ke posisi Rp14.979 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.002 per dolar AS.

"Penguatan rupiah karena kemarin publikasi data cadangan devisa yang lebih baik, yang ternyata mengalami kenaikan di tengah tingginya volatilitas pasar," kata Ekonom Senior Mirae Asset Sekuritas Rully Arya saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Bank Indonesia (BI) melaporkan cadangan devisa Indonesia meningkat pada Juni 2022 menjadi 136,4 miliar dolar AS dibandingkan dengan Mei 2022 yang sebesar 135,6 miliar dolar AS.

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juni 2022 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan obligasi global atau global bond pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Baca juga: BI: Cadangan devisa RI naik pada Juni, mencapai 136,4 miliar dolar AS

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Dari eksternal, pelaku pasar menunggu data pekerjaan AS pada Jumat waktu setempat dan indeks harga konsumen minggu depan, yang akan menandakan laju inflasi dan apakah The Federal Reserve akan terus secara agresif menaikkan suku bunga ketika pembuat kebijakan bertemu berikutnya pada 26-27 Juli mendatang.

Gubernur Fed Christopher Waller mengatakan pada Kamis (7/7) bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin akhir bulan ini dan kemungkinan besar akan memberikan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan kebijakan berikutnya pada September.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.981 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.968 per dolar AS hingga Rp14.998 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat menguat ke posisi Rp14.981 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.986 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah dibuka menguat, dibayangi kebijakan agresif Bank sentral AS

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022